Puting Beliung Hingga Banjir Bandang Landa Perbatasan Aceh-Sumut

Senin, 11 November 2019 09:51 Reporter : Afif
Puting Beliung Hingga Banjir Bandang Landa Perbatasan Aceh-Sumut Banjir di aceh. ©2016 merdeka.com/afif

Merdeka.com - Angin puting beliung hingga banjir bandang melanda Aceh mengakibatkan puluhan rumah rusak. Bencana itu terjadi Minggu (10/11) kemarin hingga warga harus mengungsi sementara. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Banjir bandang terjadi di kawasan perbatasan Aceh Tenggara dan Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) mengakibatkan 10 unit rumah rusak. Sedangkan angin puting beliung menghantam Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues berimbas 8 unit rumah rusak.

Peristiwa itu terjadi setelah kedua daerah diguyur hujan intensitas tinggi. Banjir bandang terjadi karena ada luapan sungai di perbatasan Aceh-Sumut.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara langsung berkoordinasi dengan Kabupaten Karo, Sumut untuk melakukan penanganan. Sekarang luapan sungai mulai surut dan warga sedang membersihkan rumah masing-masing.

1 dari 1 halaman

Puting Beliung Rusak Rumah di Tiga Desa

Sedangkan rumah yang rusak setelah dihantam angin puting beliung pada tiga desa di Kecamatan Blangkejeren, yaitu Desa Raklunung terdapat enam unit rumah rusak, Desa Jawa satu unit dan Desa Penampakan Uken satu unit.

Sebagiannya lagi masuk dalam administrasi wilayah Desa Lawe Pengulu, Kecamatan Mardingding, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk penanganan kedaruratan, termasuk penyaluran bencana lebih dekat dengan Kabupaten Karo.

"Warga yang rumah rusak sempat mengungsi," kata Staf Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Henny Nurmayani, Senin (11/11) di Banda Aceh.

Sedangkan warga yang dihantam angin puting beliung di Blangkejeren sekarang masih mengungsi ke rumah tetangga yang rumahnya tidak rusak. Ada 6 keluarga yang harus mengungsi hingga rumah yang rusak itu selesai diperbaiki. [bal]

Baca juga:
Stadion Arcamanik Bandung Porak Poranda Diterjang Angin Kencang
Puluhan Rumah di Garut Rusak Diterjang Puting Beliung
Hujan Disertai Angin Kencang di Ngawi, Tenda Pameran di Alun-Alun Merdeka Roboh
BPBD Jateng Gelontorkan Rp1,4 Miliar Renovasi Rumah Terdampak Puting Beliung
Angin Puting Beliung Terjang TPS Pilkades di Garut

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini