Puti janji akan optimalkan Bendungan Gerak Sembayat untuk kesejahteraan petani

Selasa, 17 April 2018 17:05 Reporter : Bruriy Susanto
Puti Guntur Soekarno melihat pembangunan Bendung Gerak Sembayat di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah,. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno mendukung penuh program pemerintah Joko Widodo seperti pembangunan Bendung Gerak Sembayat (BGS). BGS ini terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik dan Desa Karangbinangun serta Desa Gawerejo, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan.

Cucu Bung Karno ini menilai keberadaan bendungan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur, terutama warga Gresik dan Lamongan. Karena bendungan ini mampu menampung air baku sebanyak 10 juta meter kubik.

"Bendung Gerak Sembayat ini memiliki fungsi yang sangat vital untuk kesejahteraan rakyat Jawa Timur. Karena bendungan ini bisa menampung air 10 juta meter kubik air. Dan mampu mengaliri area sawah di Tuban, Lamongan, dan Gresik sendiri," kata Puti saat mengunjungi BGS, Selasa (17/4).

Namun, menurut dia ada yang lebih penting, Bendung Gerak Sembayat ini ke depannya bisa mengatasi permasalahan banjir. "Bendungan ini juga bisa mengatasi persoalan kekeringan dan banjir," ujar cucu Bung Karno.

Puti Guntur Soekarno melihat pembangunan Bendung Gerak Sembayat di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, 2018 Merdeka.com

Di samping itu, BGS juga sudah diatur sistem intrusi air laut yang bisa mengetahui dampak kepada petani tambak. Terutama kalau air lautnya tidak bisa diatur, kemudian air laut masuk terlalu banyak. Maka akan berdampak pada panen petani.

"Dampaknya bisa gagal panen petani tambak. Artinya dari fungsi bendungan ini juga sangat penting untuk kesejahteraan rakyat, juga industri di sekitarnya," katanya.

Saat disinggung mengenai wilayah teluk lamong sering terjadi musibah bencana banjir? Puti mengaku, bahwa itu harus dikendalikan terutama masuknya air laut.

Menurut dia, keberadaan bendungan itu untuk mengatur permasalahan banjir, kemudian memberikan kontribusi air baku untuk industri, air baku domestik, dan juga irigasi.

Puti Guntur Soekarno melihat pembangunan Bendung Gerak Sembayat di Desa Sidomukti, Kecamatan Bungah, 2018 Merdeka.com

"Kalau air baku domestik ini tentunya harus ditampung, kemudian ada water treatmentnya, setelah itu disalurkan ke masyarakat," ujar dia.

Sebagai rakyat, juga masyarakat, kata Puti, ingin melihat langsung daripada pembangunan proyek nasional.

"Kalau bicara upaya apa yang dilakukan. Insyaallah kalau saya terpilih bersama Gus Ipul, tentunya akan ada koordinasi, komunikasi dengan pemerintah pusat, tentunya Pak Jokowi mengenai proyek tersebut," ujar dia. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini