Puskesmas Kalideres Gelar Pemeriksaan Kesehatan Pencari Suaka

Senin, 15 Juli 2019 12:53 Reporter : Merdeka
Puskesmas Kalideres Gelar Pemeriksaan Kesehatan Pencari Suaka Puskesmas Kalideres Periksa Kesehatan bagi Pencari Suaka. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Puskesmas Kalideres menggelar pemeriksaan kesehatan dan cek kondisi ibu hamil terhadap pencari suaka yang direlokasi ke Kalideres, Jakarta Barat.

Menurut Kepala Puskesmas Kalideres, Linda Lidya, pemeriksaan kesehatan tersebut guna memonitoring Kondisi kesehatan para pencari suaka.

"Kegiatan hari ini pelayanan kesehatan seperti sudah kita mulai sejak kamis sore ya," katanya di tempat relokasi, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (15/7).

Pemeriksaan tersebut, kata Linda mulai dari pemeriksaan kesehatan dari dokter terhadap ibu hamil, maupun terhadap balita. "Pemeriksaan makan tambahan buat ibu hamil dan balita," lanjutnya.

Menurut keterangan Linda, penyakit yang diderita para pengungsi hanya penyakit-penyakit ringan seperti gatal-gatal dan batuk pilek serta beberapa penyakit kulit lainnya.

"Dirujuk itu tiga orang satu mau melahirkan, satu diare, satu lagi kalau enggak salah diare juga" katanya.

Linda juga menuturkan, kemarin ada seorang anak yang luka karena bermain. Namun sang anak tidak dirujuk kerena mengalami luka tidak cukup parah.

"Sama kemarin ada yang luka anak-anak main. Yang anak-anak ndak dirujuk," lanjut Linda.

Linda menambahkan, jumlah pengungsi yang diperiksa sejak kamis lalu mencapai lebih dari 500 jiwa.

"Kalau kemarin waktu itu Jumat 90 orang, hari Sabtu 200-an lebih. Dan hari selanjutnya juga 200 lebih," katanya.

Selain menyediakan pemeriksaan kesehatan fisik, Linda juga menyampaikan pihaknya menyediakan konseling kesehatan dari para psikolog di puskesmas se-Jakarta Barat.

"Kami juga menyediakan konseling psikologis bagi yang stres atau tertekan," paparnya.

Reporter: Yopi Makdori [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini