Pura-pura Salat, Dua Pria Sikat Uang Amal Masjid di Malang

Jumat, 10 Mei 2019 11:03 Reporter : Darmadi Sasongko
Pura-pura Salat, Dua Pria Sikat Uang Amal Masjid di Malang Ilustrasi borgol. shutterstock

Merdeka.com - Dua orang pria berpura-pura menjalankan salat dzuhur, sebelum menyikat uang amal dari sebuah masjid di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pelaku sempat berusaha kabur setelah tertangkap kembali tidak jauh dari lokasi masjid.

"Kedua pelaku datang ke masjid pura-pura salat, akan tetapi oleh takmir yang rumahnya tidak jauh dari masjid diawasi gerak geriknya," kata AKP Ainun Djariyah, Kasubag Humas Polres Malang, Jumat (10/5).

Kecurigaan takmir masjid Aisyiah Desa Mangliawan Kecamatan Pakis itu pun ternyata benar. Karena setelah dicek ke dalam masjid, kotak amal dalam kondisi terbuka dan rusak, serta isinya raib. Saksi meyakini kedua orang tersebut sebagai pelakunya dan belum lama meninggalkan masjid. Saksi yakin masih dapat mengenali wajah kedua pelaku.

Saksi kemudian segera melaporkan ke Polsek Pakis dan berusaha mencari keberadaan pelaku di sekitar Masjid. Pelaku diketahui berada di Jembatan Kalisari, kemudian langsung ditangkap dan digeledah.

"Tetapi sempat kabur dan membuang obeng yang digunakan membuka kotak amal," tegasnya.

Kedua pelaku yang kemudian diketahui sebagai Muhammad Aji (29) dan Imam Tantowi (24) berhasil ditangkap kembali. Dari saku warga Kecamatan Pagelaran dan Sumbermanjing Wetan itu ditemukan uang hasil kejahatan dan mengakui perbuatanya.

Polisi menyita barang bukti hasil kejahatan berupa uang tunai Rp.215.500,- Dua stel pakaian milik tersangka yang dipakai sewaktu melakukan kejahatan serta kain sarung cokelat tua yang digunakan alat turun dari lantai 2 masjid.

Selain itu juga diamankan sebagai bahan penyidikan, dua buah kotak amal dari masjid. Polisi juga sedang melakukan pencarian obeng taspen warna bening yang digunakan untuk mencongkel kotak amal.

Atas perbuatan pelaku Kamis (9/5), keduanya dijerat Pasal 363 KUH Pidana tentang tindak pidana Pencurian dengan pemberatan. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Pencurian
  2. Malang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini