Punya program pendidikan gratis, Risma ajak warga Sidoarjo pilih Gus Ipul

Rabu, 20 Juni 2018 10:37 Reporter : Bruriy Susanto
Punya program pendidikan gratis, Risma ajak warga Sidoarjo pilih Gus Ipul Gus Ipul - Puti. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Momen hari raya Idul Fitri 2018, dimanfaatkan dengan baik sama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Dia melakukan halal bihalal, jalin silaturahmi dengan masyarakat di Desa Kloposepuluh, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo yang dihadiri tokoh agama, pengurus dan anggota Muslimat NU serta Fatayat.

Kehadiran Risma panggilan akrabnya di tempat tersebut menjadi magnet di acara halal bihalal yang digelar oleh Yayasan Berkarya itu disambut dengan hangat dan iringan hadrah hingga warga berebut foto bersama.

Di sela halal bihalal, Risma menyampaikan supaya memberikan dukungan terhadap pasangan calon nomor 2, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Gubernur Jawa Timur dan Puti Guntur Soekarno akrab dipanggil Mbak Puti sebagai Wakil Gubernur, pada 27 Juni mendatang.

Sebab, ada program yang harus didukung dan ke depannya menjadi keuntungan warga Jawa Timur. Yakni mengenai pendidikan gratis yang digadang menjadi program prioritas pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti.

Dengan program pendidikan gratis, lanjut Risma, kedepannya bisa memutus rantai kemiskinan dan mengangkat derajat warga Jawa Timur.

"Cara memangkas kemiskinan adalah pendidikan. Itu pilihannya. Karena, saya dan kita semua pasti tidak ingin anak-anak kurang mampu tak bisa sekolah gara-gara terkendala dengan biaya," terang Risma Halal Bihalal & Silaturahmi Yayasan Berkarya di Desa Kloposepuluh, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (19/6).

Ia mengungkapkan, berbagai usaha dilakukannya agar sekolah gratis di Jawa Timur akan terus dilakukan tanpa henti. Termasuk dengan pilihan politik mendukung pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.
Menurutnya hanya paslon nomor urut 2 merupakan pasangan pemimpin yang mau mendengar serta komitmen dalam pendidikan. Salah satunya komitmen Gus Ipul saat itu, Risma sempat bertemu Gus Ipul di Kantor PDI Perjuangan di Jakarta, sebelum penetapan pasangan calon.

Risma meminta kesanggupan Gus Ipul bisa menggratiskan biaya sekolah di Jawa Timur bila terpilih nanti.

"Saya tanya kesanggupan itu, dan Gus Ipul menyatakan siap. Makanya saya mendukung. Silakan tanya ke Gus Ipul soal komitmen itu," ujar kader PDIP ini.

Alasan pendidikan bisa memutus kemiskinan struktural, Risma mengaku sudah membuktikan di Surabaya. Dengan menggratiskan sekolah negeri di Surabaya, dari SD, SMP, sampai SMA dan sederajat, tidak dipungut biaya alias gratis melalui subsidi pemerintah.

Hanya sekarang, untuk SMA sudah diambil alih Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sehingga, pendidikan di tingkat SMA/SMK sekarang tidak bisa didapatkan Kota Surabaya.

"Jawa Timur butuh pemimpin yang mau mendengar, bersinergi, berkolaborasi dan komitmen. Nah Gus Ipul dan Mbak Puti ini komitmen menggratiskan pendidikan di SMA/SMK di Jawa Timur, jadi saya rasa harus didukung," katanya.

Direktur Yayasan Berkarya Bahrudin ST mengatakan, pihaknya sangat konsen dalam pemberdayaan sosial dan masyarakat. Salah satunya, memberikan beasiswa pendidikan kepada anak-anak kurang beruntung.

"Saat ini, sudah ribuan anak yang telah mendapatkan bantuan beasiswa agar bisa sekolah. Selain itu, saya harapkan juga kedepannya bisa mendapat bantuan dan akses pendidikan agar anak-anak kurang beruntung bisa sekolah gratis," katanya. [hrs]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini