Punya Jaringan Luas, Erick Thohir Dinilai Layak Jadi Cawapres

Selasa, 29 November 2022 19:28 Reporter : Merdeka
Punya Jaringan Luas, Erick Thohir Dinilai Layak Jadi Cawapres Erick Thohir Jemput Menlu Rusia. Youtube Sekretariat Presiden ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di sejumlah lembaga survei bersaing dengan nama-nama nasional lainnya. Erick dinilai memiliki modal potensial besar untuk dapat maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024, serta mengembangkan Indonesia lebih maju.

Pengamat Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang Leo Agustino menganalisa, Erick Thohir mempunyai bekal yang bagus untuk menatap Pilpres. Terutama dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Tanah Air.

Salah satunya, tambah dia, yakni menyoal jaringan ekonomi Erick Thohir yang berhasil tersambung hingga ke tingkat internasional.

"Kondisi demikian tentu akan mampu menciptakan dampak positif nyata terhadap pertumbuhan perekonomian Tanah Air," kata Leo kepada wartawan, Selasa (29/11).

Menurut Leo, dengan kapasitasnya saat ini Erick diyakini memiliki jaringan internasional yang tidak sedikit. Terlebih dia beberapa kali mendapat amanah penugasan internasional.

"Saya pikir beliau mempunyai jejaring luar yang tidak sedikit," tutur Leo.

Lebih lanjut dia menyebut kekuatan Erick Thohir dalam sektor ekonomi pasti akan sangat dibutuhkan oleh Indonesia. Erick Thohir melalui kemampuannya itu dinilai dapat membangun sinergi ekonomi Indonesia dengan negara-negara lainnya.

Adanya kelebihan itu tentu bisa membuat bangsa terhindar dari ancaman resesi ekonomi yang diprediksi bakal segera datang. Sehingga dengan demikian dapat membuat perekonomian Tanah Air menjadi lebih stabil.

"Karena kita tahu betul bagaimana ke depan Indonesia ini harus berintegrasi dengan ekonomi global," terang Leo.

Sebelumnya dalam survei Poltracking Indonesia, Erick Thohir berada pada empat besar sebagai cawapres dengan elektabilitas tinggi.

"Ada empat cawapres terkuat dari publik yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Erick Thohir," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat pemaparan survei di Jakarta, Rabu (31/8).

Ridwan Kamil menempati urutan paling atas dengan elektabilitas sebesar 12,6 persen. Bersaing ketat di urutan kedua politikus Gerindra Sandiaga Uno 11,9 persen. Kemudian, AHY juga menempel ketat Sandiaga dengan elektabilitas sebesar 11,7 persen. Di urutan keempat Erick Thohir bertengger dengan elektabilitas 10,8 persen.

Poltracking menggelar survei pada 1-7 Agustus 2022 melalui wawancara tatap muka langsung. Survei menggunakan metode pengambilan sample multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1220 responden. Survei memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu dalam hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia, disimulasikan pasangan Ganjar-Erick Thohir, Ganjar-Airlangga Hartanto, Ganjar-Sandiaga Uno dan Ganjar-Ridwan Kamil. Hasilnya, nama Erick Thohir paling kontributif sebagai cawapres dengan menyumbang elektabilitas terbanyak.

Duet Ganjar-Erick Thohir berhasil mengumpulkan elektabilitas hingga 35,8 persen. Sementara pasangan lain memiliki elektabilitas lebih rendah yakni Ganjar-Sandiaga 34,7 persen, Ganjar-RK 34,4 persen, dan terakhir Ganjar-Airlangga 33,1 persen.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 6 sampai 13 September 2022. Para responden merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki hak pilih dalam Pemilu, yakni WNI berusia minimal 17 tahun.

Responden dipilih melalui metode Multistage Random Sampling sebanyak total 1220 responden. Margin of error survei ini sebesar 2,82 persen dengan quality control dari 20 persen responden. [cob]

Baca juga:
Jokowi Ungkap Sosok Pemimpin Berambut Putih: Pak Prabowo
Kakak TGB Mundur, NasDem Klaim NTB Basis Anies Baswedan
Budi Gunawan Tangkap Pesan Jokowi Soal Pemimpin Wajah Berkerut: Identik Prabowo
PKS Endus Wacana Tiga Periode saat Jokowi Kumpul Bareng Relawan di GBK
Berebut Suara Generasi Z di Pemilu 2024
Potret Elektabilitas Capres di 5 Survei Charta: Anies Sukses Tumbangkan Prabowo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini