Puncak Arus Balik Idul Adha, Contra Flow Dibuka 18 Kilometer di Tol Cikampek

Minggu, 2 Agustus 2020 18:00 Reporter : Adi Nugroho
Puncak Arus Balik Idul Adha, Contra Flow Dibuka 18 Kilometer di Tol Cikampek Contra Flow. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Merdeka.com - Arus lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek menuju ke Jakarta mulai mengalami kepadatan, Minggu (2/8). PT Jasa Marga Tbk memprediksi hari ini menjadi puncak arus balik libur panjang Idul Adha 1441 H.

"Untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) arah Jakarta, Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 65 sampai dengan Km 47 arah Jakarta sejak pukul 13.55 WIB," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati.

Dengan diberlakukannya contraflow ini, kata dia, diharapkan dapat mencairkan kepadatan di titik simpang susun Dawuan akibat pertemuan lalu lintas kendaraan dari Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta.

"Juga dapat mengurangi kepadatan jelang titik-titik rest area seperti rest area Km 62 dan Km 52," kata dia.

Ia mengatakan, pemberlakuan contraflow merupakan kebijakan diskresi dari Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga, kata dia, menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu untuk mendukung kebijakan tersebut.

"Antrean kendaraan jelang Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Jakarta cenderung normal, saat ini terpantau antrean 4-5 kendaraan dengan kapasitas gardu tol beroperasi maksimal," katanya.

Untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan pada puncak arus balik, Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan. [did]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Idul Adha
  3. Contra Flow
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini