Puluhan ASN Terpapar Covid-19, Ridwan Kamil Tutup Sementara Gedung Sate

Kamis, 3 Juni 2021 10:55 Reporter : Aksara Bebey
Puluhan ASN Terpapar Covid-19, Ridwan Kamil Tutup Sementara Gedung Sate Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Jabar terkait Penyerahan Laporan Ha. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memutuskan untuk menutup sementara kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat atau Gedung Sate setelah 32 Aparatur Sipil Negara (ASN) terkonfirmasi positif COVID-19.

Menurut dia, diduga sumber keterpaparan puluhan ASN itu berasal dari pertemuan di Kementerian di Jakarta. Upaya tracing dilakukan terhadap yang berkontak erat dengan mereka.

"Menyikapi sebuah situasi di gedung pemerintahan Gedung Sate, terdapat 1 klaster yang kami nilai membuat situasi di tempat kerja atau gedung sate ini harus dilakukan penutupan sementara, karena terdapat 32 pns asn di pemprov Jawa Barat yang terpapar covid, " kata Ridwan Kamil, Kamis (3/6).

"Kami langsung melakukan tracing kepada seluruh yang terpapar, keluarganya, dan didapati fakta bahwa kejadiannya adalah pascalebaran, di saat ada satu rombongan ke Jakarta melakukan pertemuan di Kementerian, kemudian dari situ menjadi sumber keterpaparan," ia melanjutkan.

Pria yang akrab disapa Emil ini belum bisa menyebut sampai kapan penutupan Gedung Sate berlangsung. Saat ini, ia sudah memerintahkan agar penanganan sesuai prosedur, termasuk melakukan tracing.

Ia berharap kasus ini menjadi pengingat bahwa pandemi belum berakhir dan membuat kedisiplinan protokol kesehatan meningkat.

"Mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran buat kita semua untuk selalu kita ingat, ke manapun kita pergi, bermobil satu orang, dua orang, atau banyakan tetap gunakan masker, tetap jaga jarak, kurangi perbincangan yang tidak perlu sehingga kita tetap bisa produktif berkedinasan tanpa terpapar Covid-19," pungkasnya. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini