Pulau Sebaru Kecil Siap Sambut 188 WNI Kru World Dream

Rabu, 26 Februari 2020 16:48 Reporter : Merdeka
Pulau Sebaru Kecil Siap Sambut 188 WNI Kru World Dream WNI dijemput KRI Dr. Soeharso di Teluk Durian. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rustian menyampaikan personel telah siap menyambut kedatangan 188 Warga Negara Indonesia (WNI) di Pulau Sebaru Kecil.

Sebanyak 188 merupakan Kapal Pesiar World Dream. Mereka akan melewati masa karantina setelah lantaran ditemukan penumpang yang positif terkena virus corona di kapal tersebut.

"KRI Banda Aceh yang kami berangkatkan dr Kolinlamil sudah sampai di Pulau Sebaru baik manusianya maupun logistik sudah disiapkan di tempat itu, dan sekarang lagi berproses," kata Rustian di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (26/2).

Rustian menyebut sebanyak 762 personil terdiri dari tenaga kesehatan, tim pendukung, tim pengamanan sudah bersiaga menunggu 188 ABK yang diperkirakan tiba pada Kamis sore.

Dia menjelaskan, 188 ABK bakal menempati bekas Gedung rehabilitasi, yang telah disulap menjadi ruang observasi. Menurut dia, fasilitas pun jauh lebih bagus bandingkan dengan observasi di Natuna.

"Pulau Sebaru ini adalah rumah. Jadi ada kamar-kamarmya bagus, fasilitasnya sudah lengkap. Diestimasikan dapat menampung 200 orang," ucap dia.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pada Rabu, 26 Februari 2020, Rumah Sakit Angkatan Laut akan menuju ke perairan di luar provinsi untuk menjemput para WNI yang akan dikarantina.

"Mereka akan dipindahkan (dari kapal pesiar) ke kapal rumah sakit Dr. Suharso dan akan dilakukan pengamatan di sana. Sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh militer Indonesia," ujar Muhadjir

Setelah dipindahkan, kapal rumah sakit akan menuju ke Pulau Sebaru Kecil yang dulunya sebagai tempat rehabilitasi pecandu narkoba. "Ini adalah tempat yang kami anggap aman karena pulau itu tidak dihuni dan fasilitasnya bagus dan siap digunakan," tambah Muhadjir.

Reporter: Ady Anugrahadi [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini