Pujian Sultan HB X untuk Masyarakat Yogya yang Sadar Protokol Kesehatan

Kamis, 12 November 2020 18:14 Reporter : Purnomo Edi
Pujian Sultan HB X untuk Masyarakat Yogya yang Sadar Protokol Kesehatan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, meninjau kesiapan personel Menghadapi Bencana. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menggelar Apel Virtual Siaga Covid-19 bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56. Apel virtual ini digelar di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan DIY, Kamis (12/11).

Sultan HB X menitipkan pesan khusus pada hari kesehatan nasional tahun ini. Masyarakat harus dijadikan sebagai subyek kesehatan utama dalam mengatasi pandemi Covid-19. Sultan memuji, kesadaran masyarakat DIY terhadap kesehatan sudah cukup tinggi. Sehingga, dalam menerapkan protokol kesehatan pun seharusnya sudah terbiasa dan tidak menjadi beban.

"Realitanya Yogya itu kan kesadaran kesehatan itu kan tinggi, jadi mestinya ora perlu ada kampanye di kampungnya tiap isuk, awan, sore (pagi, siang dan sore). Mestinya sudah sadar sendiri untuk memakai masker putih, cuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Itu harapan saya," ujar Sultan HB X.

Sultan HB X menerangkan, kondisi masyarakat yang sehat harus diwujudkan. Dia berharap masyarakat tetap meningkatkan kesadaran menjaga kesehatan. Bukan sekadar mematuhi protokol pencegahan Covid-19, namun juga kebiasaan menjaga pola makan dan pola hidup agar apa yang menjadi cita-cita bersama bisa terwujud.

Sultan HB X menjabarkan bahwa kondisi di DIY, masyarakatnya sangat majemuk. Banyaknya pendatang mengakibatkan kemajemukan masyarakat. Sultan HB X melihat bahwa makin banyak masyarakat luar DIY yang datang, makin banyak kebiasaan yang dibawa ke DIY.

Sultan HB X berharap banyaknya pendatang ini bisa memunyai kesadaran untuk bisa turut serta mendukung kebijakan kesehatan dari pemerintah.

"Yogya ini sangat majemuk ya, bukan karena agama atau asal-usul tapi pendatang atau orang yang suka keluar masuk itu yang punya kebiasaan yang berbeda. Tapi bagaimanapun kita punya harapan mereka punya kesadaran sebagai modal sosial biarpun dia pendatang. Tetap harus bisa menjadi potensi dalam kebersamaan kita. Kira-kira begitu," ucap Sultan HB X. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini