Puan: DPR akan Fokus pada Kualitas Belanja Negara untuk Penanganan Covid-19

Senin, 11 Januari 2021 13:45 Reporter : Merdeka
Puan: DPR akan Fokus pada Kualitas Belanja Negara untuk Penanganan Covid-19 Ketua DPR Puan Maharani. ©istimewa

Merdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani membuka rapat paripurna masa persidangan III tahun 2020-2021. Dalam sambutannya, Puan menyampaikan agenda masa sidang III DPR yakni penetapan prolegnas prioritas dan pembahasan sejumlah RUU bersama pemerintah. Selain itu, Puan juga menyinggung masalah pandemi Covid-19 yang masih tinggi penyebarannya.

“Pandemi Covid-19, saat ini telah memasuki bulan ke-10, sejak kasus pertama diumumkan pada tanggal 2 Maret 2020. Dalam kurun waktu tersebut, seluruh masyarakat Indonesia merasakan dampak yang merugikan dari pandemi Covid-19. Hampir seluruh aktivitas masyarakat berhenti dan berdampak pada menurunnya derajat kesejahteraan rakyat baik di bidang kesehatan, sosial, ekonomi, dan budaya,” kata Puan di kompleks Parlemen Senayan, Senin (11/1/2021).

Puan meminta negara tidak pasif atau sekadar berpasrah diri menghadapi Covid-19. "Negara tidak bisa berpasrah diri. Negara harus melakukan upaya-upaya terbaik agar negara tetap dapat menjalankan tugas-tugas tujuan bernegara,” katanya.

Politikus PDIP itu juga mengklaim DPR tidak berdiam diri menghadapi Covid. Menurutnya DPR mendukung Pemerintah lewat dukungan anggaran dan juga memberikan contoh 3M.

“Pada masa sidang ini, DPR RI akan mengoptimalkan pelaksanaan tugas konstitusionalnya secara efektif, yaitu dalam fungsi legislasi, DPR RI akan selektif dalam penyusunan legislasi yang telah mempertimbangkan kinerja pembahasan dalam situasi pandemi COVID-19. Dalam fungsi anggaran, DPR RI akan memfokuskan pada kualitas belanja negara untuk penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional dan keberlanjutan pembangunan nasional,” tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini