PT KAI Setop Sementara Sejumlah Perjalanan Kereta Imbas Covid-19

Kamis, 26 Maret 2020 18:36 Reporter : Sulaeman
PT KAI Setop Sementara Sejumlah Perjalanan Kereta Imbas Covid-19 kereta api. Merdeka.com

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menghentikan sementara perjalanan empat kereta api jarak jauh berbagai jurusan yang diberangkatkan dari seluruh stasiun di wilayah Daerah Operasional (Daop) IV Semarang. Langkah ini sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro mengungkapkan bahwa penundaan jadwal keberangkatan KA berlaku mulai tanggal 1 sampai 30 April 2020.

"PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan keberangkatan tersebut yang bertujuan untuk kebaikan bersama," kata Krisbiyantoro melansir Antara, Kamis (26/3).

Adapun, keempat KA jarak jauh yang jadwal perjalanannya dihentikan sementara ialah Argo Muria tujuan Jakarta-Semarang dengan jadwal keberangkatan pukul 16.00 Wib, Ciremai jurusan Semarang-Bandung dengan jadwal keberangkatan pukul 19.10 Wib, Menoreh jurusan Jakarta-Semarang dengan jadwal keberangkatan pukul 08.00 Wib, dan Tawang Jaya jurusan Jakarta-Semarang dengan jadwal keberangkatan pukul 13.29 Wib.

Pembatalan keberangkatan keempat KA tersebut, menurutnya diakibatkan oleh pemberhentian sementara perjalanan sejumlah KA yang juga melintasi Daop IV Semarang dengan tujuan Jakarta-Surabaya.

1 dari 2 halaman

Daop Surabaya

rev1

Selain itu, PT KAI juga menyetop sejumlah perjalanan KA Jarak Jauh seluruh wilayah PT KAI Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya untuk tujuan Jakarta, guna mendukung program pemerintah dalam memerangi virus Covid-19.

Manager Humas PT KAI Daop VIII Surabaya, Suprapto menyebut bahwa pembatalan dibagi dua tahap, yakni tahap pertama dilakukan hari ini, tanggal 26 Maret sampai 30 April 2020, dengan membatalkan tiga perjalanan KA di antaranya KA Sembrani, relasi Stasiun Surabaya pasar Turi - Gambir Jakarta, kemudian, KA Gumarang relasi Stasiun Pasar Turi - Stasiun Pasar Senen Jakarta dan KA Songoriti relasi Stasiun Surabaya Gubeng - Stasiun Malang.

Untuk KA jarak jauh yang sudah terlebih dahulu dihentikan sementara perjalananya yakni Sembrani, Gumarang, serta Sancaka Utara yang rencananya disetop mulai 1 April.

"Para calon penumpang yang sudah memiliki tiket untuk keberangkatan pada tanggal-tanggal tersebut, bisa menukar kembali dana pembeliannya tanpa potongan," kata Suprapto.

2 dari 2 halaman

Batalkan 19,4 Persen Perjalanan Kereta Api

persen perjalanan kereta api rev1

PT KAI sendiri telah resmi mengurangi jumlah perjalanan KA jarak jauh hingga 19,4 persen untuk mengurangi mobilitas masyarakat sesuai dengan instruksi pemerintah dalam rangka menekan penyebaran virus Covid-19.

"KAI mengurangi perjalanan sebanyak 103 perjalanan KA per hari mulai 2 April 2020, sehingga jumlah perjalanan KA perharinya turun dari 532 KA per hari menjadi 429 KA per hari," ujar VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan, melalui siaran pers pada Kamis (26/3).

Yuskal kemudian menyebut pengurangan jumlah perjalanan KA ini dilakukan bertahap, mulai 21 Maret 2020 untuk Tahap 1, 26 Maret 2020 untuk Tahap 2, dan 1 April 2020 untuk Tahap 3. Terkait rincian KA yang dibatalkan sampai dengan tahap 3 adalah 72 KA Jarak Jauh dan 31 KA Lokal atau total 103 perjalanan KA. Sehingga jumlah perjalanan KA mulai 2 April 2020 tersisa 429 KA dengan rincian 182 KA Jarak Jauh dan 247 KA Lokal per harinya.

"Jadwal yang kami batalkan adalah KA yang memiliki jadwal atau KA alternatif sehingga penumpang memiliki pilihan jadwal keberangkatan lain jika tetap memutuskan untuk berangkat," imbuh dia.

PT KAI juga mengklaim akan menghubungi penumpang melalui Contact Center KAI 121, terkait informasi pembatalan dan pengalihan jadwal perjalanannya. Dalam hal penumpang dialihkan ke KA lain dan mendapat kelas yang sama atau lebih tinggi, KAI tidak akan mengenakan penambahan bea. Sebaliknya, jika dialihkan lalu mendapat kelas yang lebih rendah, maka KAI akan memberikan bea pengembalian di stasiun kedatangan, dengan batas waktu pengembalian tiga hari dari tanggal yang tertera di tiket.

Bagi pengguna KA yang berencana untuk melakukan pembatalan tiket, transaksi dapat dilakukan pada stasiun keberangkatan atau stasiun lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat menghubungi Contact Center 121 melalui telepon ke 021-121, email cs@kai.id atau sosial media @KAI121 untuk mendapatkan informasi terbaru terkait jadwal perjalanan KA. [idr]

Baca juga:
Kasus Covid-19 di Jateng Terus Meningkat, Ganjar Belum Tahu Jadwal Rapid Test
Jangan Represif, Perlu Cara Lain Sadarkan Masyarakat Tetap Rumah Saat Wabah Corona
Surat Anies Baswedan untuk Tenaga Medis yang Tangani Covid-19
CEK FAKTA: Hoaks TNI Keluarkan Surat Daftar Daerah Zona Merah Covid-19
Kasus Positif Corona di Kalteng Bertambah Menjadi 5 Orang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini