PSSI Sudah Lapor FIFA Terkait Tragedi Stadion Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 13:35 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PSSI Sudah Lapor FIFA Terkait Tragedi Stadion Kanjuruhan Suasana kericuhan di laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. ©2022 REUTERS TV

Merdeka.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah memberikan laporan kepada FIFA terkait tragedi Stadion Kanjuruhan usai pertandingan Arema FC kontra Persebaya Surabaya. PSSI kini masih melakukan investigasi untuk mengusut insiden itu.

"Sudah ada komunikasi dengan FIFA, FIFA sudah minta laporannya," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi saat jumpa pers di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Minggu (2/10).

"Lalu, kami akan menunggu hasil investigasi, dari kepolisian, apapun hasilnya. Hari ini kami tidak bisa menyampaikan secara singkat, kami akan tunggu sore malam ini hasil kunjungan ketum dan komdis (komisi disiplin) ke Malang," sambungnya.

Terkait tragedi Kanjuruhan ini, PSSI disinggung mengenai nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Mei sampai Juni mendatang. Menurutnya, PSSI terus berkomunikasi dengan FIFA agar tidak memberi sanksi.

2 dari 2 halaman

Yunus menjelaskan, FIFA bisa saja langsung datang ke Indonesia untuk melihat langsung perkembangan investigasi Tragedi Kanjuruhan.

"Kami akan membangun komunikasi dengan FIFA terus menerus agar Indonesia tidak terkena sanksi," ungkap Yunus.

"FIFA bisa saja akan berkunjung ke Indonesia secara jelas dan nyata mendengar kejadian Tragedi Kanjuruhan," tutupnya.

Tragedi Kanjuruhan terjadi setelah laga Arema FC VS Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10). Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya.

Massa Singo Edan pun turun ke lapangan setelah laga derby Jawa Timur itu tuntas. Lantas, terjadilah kericuhan yang membuat aparat turun tangan.

Suporter tuan rumah dan pihak kepolisian bentrok di lapangan, aparat melepas gas air mata. Hingga, korban jiwa berjatuhan sampai ratusan jiwa. [eko]

Baca juga:
Alasan Polisi Tembakkan Gas Air Mata Usai Laga Arema FC vs Persebaya
Puan Maharani Minta Aparat Investigasi Total Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan
Wagub DKI: Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Tidak Boleh Terulang
Komnas HAM Kirim Tim Pantau Penanganan Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan
Update Korban Tragedi di Stadion Kanjuruhan: 130 Orang Meninggal Dunia, 191 Luka-Luka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini