PSI Kritik Rencana Sandiaga Uno Kembangkan Ghost Tourism

Senin, 26 April 2021 15:55 Reporter : Fikri Faqih
PSI Kritik Rencana Sandiaga Uno Kembangkan Ghost Tourism Menparekraf Sandiaga Uno. ©Istimewa

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengkritik rencana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk mengembangkan wisata mistis atau ghost tourism.

“Kita tahu, Menteri Sandi telah keliling indonesia, tanpa lelah, berupaya menghidupkan pariwisata di tengah situasi sulit. Namun rencana wisata mistis adalah sebuah kemunduran besar, tidak masuk akal. Pada masa ketika rasionalitas seharusnya dikedepankan, kok malah mau menjual ide-ide yang sangat berbau takhayul,” kata Juru Bicara DPP PSI, Sigit Widodo dalam keterangan tertulis, Senin (26/4).

Dia mengungkapkan, Indonesia punya banyak destinasi wisata dengan keindahan alam, keelokan budaya, dan nilai historis.

“Semua itu layak disuguhkan ke para wisatawan tanpa harus melecehkan rasionalitas. Negeri kita sungguh kaya dengan selling point semacam itu. Tak perlu menjual hal-hal berbau takhayul,” ujarnya.

Sigit menerangkan, keunggulan-keunggulan tersebut tinggal dikemas dengan baik dalam hal promosi. Lalu, infrastrukturnya dibenahi secara serius agar wisatawan bersedia datang.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan akan mengembangkan wisata mistis atau ghost tourism.

“Indonesia itu terkenal hantunya paling menakutkan, dulu ada Dread Out, salah satu game yang di-develop orang Bandung itu menang, karena hantu kita paling menakutkan. Kita lagi cari cara sih segala macam yang bisa kita lakukan untuk ngeboost ghost tourism ini dalam bingkai pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini