Protes BLSM, Pak RT telanjang dada sebut SBY ajari mengemis

Senin, 15 Juli 2013 10:56 Reporter : Arie Sunaryo
Protes BLSM, Pak RT telanjang dada sebut SBY ajari mengemis bertelanjang dada protes BLSM. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Lilis Hartono (47), warga Jalan Dieng RT 04 RW 01, Banaran, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, mengaku kesal dengan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Apalagi pria yang juga menjabat sebagai ketua RT tersebut, juga masuk dalam daftar penerima.

Kekesalan tersebut dituangkan lewat sebuah aksi, bersama tujuh warga lainnya. Dengan telanjang dada, Lilis datang ke tempat pembagian BLSM yang dipusatkan di kantor Balai Desa Sanggrahan, Grogol, yang berjarak 1 Km dari rumahnya. Kekesalan tersebut ia tuliskan dengan sebuah kalimat di dada dan punggungnya, "karena SBY Aku Ngemis".

"Program BLSM ini benar-benar kacau. Saya yang tidak membutuhkan, kenapa malah dapat KPS. Sementara warga saya yang tua renta, tidur hanya di emperan malah tidak dapat apa-apa," ujar Lilis kepada wartawan di Sukoharjo, Senin (15/7).

Menurut Lilis, sebenarnya, ia dan tujuh warga lainnya telah menolak mendapatkan KPS. Namun setelah mengetahui ada lima warganya yang tidak mampu, ia bersama tujuh warganya terpaksa mengambilnya.

"Ini saya terpaksa ambil. Nanti mau saya bagikan ke warga saya yang butuh," katanya.

Lilis mengingatkan kepada SBY bahwa pembagian BLSM adalah bentuk pembodohan rakyat. Pria yang sehari-hari berjualan air isi ulang tersebut menilai BLSM adalah cara mengajari rakyat untuk mengemis.

"Kita diajari SBY untuk mengemis, bukanya mendidik untuk mandiri. 15 juta penduduk negeri ini disuruh SBY untuk mengemis. Berebut satu dengan yang lainnya, bertengkar dengan saudara sendiri," tegasnya.

Pantauan merdeka.com, pembagian BLMS di Balai Desa Sanggrahan berjalan lancar. Sebanyak 1200 warga dari desa Manang, Banaran dan Sanggrahan menerima dana BLSM sebanyak masing Rp 300.000.

Baca juga:
Bagi-bagi buku, 'protes diam-diam' Jokowi terhadap BLSM?
Mensos: Kartu Perlindungan Sosial baru terdistribusi 13,5 juta
Tak dapat BLSM, warga miskin di Bekasi dapat bantuan bedah rumah

Naik kereta ekonomi, Dahlan terima keluhan warga tak dapat BLSM

Warga Magetan alihkan 78 penerima BLSM karena dianggap mampu

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BLSM
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini