Profil Walkot Tangerang Arief R Wismansyah Berani 'Lawan' Menkumham

Rabu, 17 Juli 2019 12:05 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Profil Walkot Tangerang Arief R Wismansyah Berani 'Lawan' Menkumham Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mendadak ramai jadi perbincangan. Dia berseteru dengan Menkum HAM Yasona Laoly. Pemicunya yaitu masalah lahan, di mana lahan perguruan tinggi Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) di kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, awalnya diwacanakan menjadi tata ruang persawahan oleh Arief.

Padahal lahan itu milik Kemenkum HAM. Sehingga Arief dituding menghambat pembangunan di lahan Kemenkum HAM. Arief melawan, dia menghentikan sementara layanan publik pada sejumlah sarana milik Kementerian Hukum dan HAM yang berada di Kota Tangerang. Keputusan Arief bikin Menkum HAM naik pitam hingga berencana melaporkan ke polisi.

Lalu siapakah Arief R Wismansyah berani melawan Menkum HAM? Berikut profilnya:

1 dari 4 halaman

Pemilik Rumah Sakit Sari Asih Group

Sebelum terjun ke dunia politik, Arief R Wismansyah merupakan seorang pengusaha. Dia pemilik rumah sakit Sari Asih Group. Rumah sakit Sari Asih telah menggurita di wilayah Banten.

Dia sempat dijuluki juragan rumah sakit karena kesuksesannya di bisnis tersebut. Bakat bisnis Arief turun dari orangtuanya H. Marsudi Haryoputro dan Siti Rochayah dari Kebumen.

2 dari 4 halaman

Terjun Ke Politik

Arief R Wismansyah terjun ke dunia politik pada tahun 2008. Saat itu dia ditunjuk sebagai wakil wali kota berpasangan dengan Wahidin Halim di Pilkada Tangerang 2008.

Ketika Wahidin Halim diberhentikan secara hormat, Arief naik menjadi Plt Wali Kota Tangerang selama dua bulan di tahun 2013. Karier politik pria 42 tahun moncer. Dia maju sebagai calon wali kota Tangerang pada Pilkada Tangerang 2013.

Arief diusung Partai Demokrat berpasangan dengan Sachrudin. Nasib baik berpihak kepadanya, Arief menang dalam Pilkada Tangerang 2013 mengalahkan empat pasangan kandidat lainnya.

3 dari 4 halaman

Jadi Wali Kota Tangerang Dua Periode

Setelah masa jabatannya habis di tahun 2018, Arief R Wismansyah maju kembali di Pilkada Tangerang untuk periode ke dua. Dia diusung 12 partai politik berpasangan kembali dengan Sachrudin.

Pada Pilkada 2018, Arief melawan kotak kosong. Akhirnya dia kembali terpilih menjadi Wali Kota Tangerang kedua kalinya. Saat itu Arief-Sachrudin mengantongi 609.428 suara atau 84,7 persen.

4 dari 4 halaman

Lulusan Amerika Serikat

Tak cuma di politik, Arief R Wismansyah juga sukses di dunia pendidikan. Dari SD hingga SMA dia berhasil masuk sekolah negeri favorit di Tangerang.

Selepas SMA, Arief melangkah jauh mengenyam kuliah S1 di Western Michigan University Amerika Serikat (1996–2000). Ketika kuliah di AS, dia sempat merintis usaha kecil-kecilan. Setelah lulus, Arief kembali ke tanah air membantu bisnis orangtuanya. Dia kemudian melanjutkan kuliah S2 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

[has]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini