Profil Taufik Kurniawan, wakil ketua DPR yang ditetapkan tersangka

Rabu, 31 Oktober 2018 06:35 Reporter : Syifa Hanifah
Profil Taufik Kurniawan, wakil ketua DPR yang ditetapkan tersangka Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Publik kembali dikagetkan dengan penetapan tersangka Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan oleh KPK atas kasus dugaan suap terkait perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016.

Siapakah sosok Taufik Kurniawan? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Politikus PAN

rev1Taufik Kurniawan. ©dpr.go.id

Taufik Kurniawan adalah anggota sekaligus Wakil Ketua DPR periode 2014-2019. Sebelumnya juga pernah menjabat sebagai wakil ketua DPR Periode 2009-2014.

Ia terjun ke dunia politik lewat Partai Amanat Nasional. Ia terpilih sebagai anggota dewan dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VII.

Taufik Kurniawan dilantik sebagai Wakil Ketua DPR bidang Korkesra pada 2 Maret 2010. Ia naik menggantikan Marwoto Mintohardjono yang telah meninggal dunia.

2 dari 4 halaman

Pernah menjadi pengusaha

pengusaha rev1Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Sebelum terjun ke dunia politik, Taufik pernah menjadi Direktur Utama PT Jati Prima, Semarang (1994-1997). Kemudian juga pernah menjadi General Manager PT Blue Ville Company, Semarang (1997-2000).

Dia juga pernah menjadi Komisaris Utama PT Jati Prima, Semarang (1997) dan menjadi Direktur Produksi PT Mahogany Eng, Semarang (2000-2003).

3 dari 4 halaman

Inilah kasus yang menjerat Taufik

yang menjerat taufik rev1Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka karena diduga menerima gratifikasi senilai Rp 3,6 miliar atas pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen pada APBN 2016. Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan mengatakan, DAK tersebut senilai Rp 100 miliar. Taufik Kurniawan diduga menerima lima persen dari pengurusan proyek tersebut.

"Diduga TK menerima Rp 3,6 miliar," kata Basaria.

Suap diduga berasal dari Muhamad Yahya Fuad selaku Bupati Kebumen Periode 2016-2021. Dalam kasus ini Yahya Fuad juga telah ditetapkan sebagai tersangka. Basaria mengatakan, penyelidikan kasus ini sudah dilakukan cukup panjang sejak Agustus 2018 lalu. Taufik juga telah dimintai keterangan pada 15 September lalu.

4 dari 4 halaman

Dicegah ke luar negeri

luar negeri rev1Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Taufik juga telah dicegah keluar negeri sejak 26 Oktober lalu. Atas penetapan tersebut, KPK telah memberikan surat kepada Taufik Kurniawan pada 14 Oktober lalu.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan mengatakan penyelidikan kasus ini sudah dilakukan cukup panjang sejak Agustus 2018 lalu. Taufik juga telah dimintai keterangan pada 15 September lalu. Taufik Kurniawan disangkakan pada pasal 12 huruf a atau huruf b pasal 11 UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2011. [has]

Baca juga:
Kaget Taufik Kurniawan jadi tersangka, Bamsoet serahkan pengganti kepada PAN
Taufik Kurniawan tersangka, Sekjen PAN ingatkan KPK tak tebang pilih
PAN pertimbangkan beri bantuan hukum Taufik Kurniawan hadapi kasus di KPK
Fahri soal Taufik Kurniawan jadi tersangka: Beliau tak pernah terlihat lagi di DPR
Kedatangan Amien Rais tak pengaruhi KPK tetapkan Taufik Kurniawan tersangka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini