Prihatin KRI Nanggala 402 Tenggelam, Kopral Bagyo Mohon Alutsista Dimodernisasi

Senin, 26 April 2021 10:27 Reporter : Arie Sunaryo
Prihatin KRI Nanggala 402 Tenggelam, Kopral Bagyo Mohon Alutsista Dimodernisasi Aksi Kopral Bagyo bersama sejumlah warga Solo, Senin (26/4). ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kopral Kepala Cpm (Purn) Partika Subagyo Lelono atau lebih dikenal dengan Kopral Bagyo prihatin dengan tenggelamnya KRI Nanggala 402 di perairan utara Pulau Bali. Bersama sejumlah warga Solo, dia memberi penghormatan kepada 53 awak yang gugur dalam peristiwa itu.

Kegiatan dilakukan di depan patung Soekarno, kompleks Stadion Manahan Solo, Senin (26/4). Para peserta membawa poster bertuliskan: "Kobarkan semangat juang bela negara & benahi alutsista" dan "Indonesia berduka, selamat jalan kusuma bangsa, prajurit2 samudra Nanggala 402".

Sebelumnya, Kopral Bagyo dan sejumlah warga melakukan doa bersama dan melakukan penghormatan terakhir kepada para awak kru KRI Nanggala 402.

"Kami mewakili masyarakat Solo dan purnawirawan TNI, menyampaikan duka cita atas tragedi gugurnya prajurit laut KRI 402. Semoga arwah beliau-beliau diterima di sisi-Nya," ujar Kopral Bagyo.

Bagyo mengatakan, para prajurit yang gugur akan menjadi pasukan yang abadi penjaga laut Indonesia. Dalam orasinya, mantan anggota Detasemen Polisi Militer IV/4 Surakarta itu juga menyentil pemerintah agar memodernisasi alutsista milik TNI.

"Kami pesan untuk yang berkompeten untuk pengadaan alutsista, mohon dipermodern. Kalau hanya modal semangat, tanpa alutsista modern, itu juga tidak baik," pungkas dia.

Seperti diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan kabar duka terkait tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. Dia memastikan seluruh awak yang berada dalam kapal selam tersebut telah gugur. Berdasarkan informasi, ada 53 orang yang berada di dalam KRI Nanggala 402.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," tutur Hadi dalam konferensi pers di Badung, Bali, Minggu (25/4). [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini