Pria Bawa Senjata Tajam Jelang Vonis Rizieq Syihab Pegawai Pemkot Jakarta Timur

Jumat, 25 Juni 2021 17:28 Reporter : Merdeka
Pria Bawa Senjata Tajam Jelang Vonis Rizieq Syihab Pegawai Pemkot Jakarta Timur Datang ke Pengadilan Jelang Sidang Vonis, Puluhan Simpatisan Rizieq Diamankan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ratusan orang diamankan polisi menjelang sidang vonis kasus swab test dengan terdakwa mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Salah satu orang diamankan polisi kedapatan membawa senjata tajam jenis pisau.

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur Kompol Suardi mengatakan, pelaku adalah pegawai dari Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Timur. Hal itu diketahui berdasarkan keterangan sejumlah saksi termasuk rekan kerjanya.

"Saksi dari suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jaktim membenarkan bahwa yang membawa pisau tersebut adalah pekerjanya," kata Suardi saat dihubungi, Jumat (25/6).

Suardi mengatakan, sehari-hari pelaku bertugas melakukan pengembangan budi daya anggur. Pisau itu sendiri digunakan untuk okulasi batang pohon anggur. Suardi menyebut, pegawai tersebut saat ini telah dipulangkan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pemilik pisau dan saksi-saksi dari Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian kemudian dipulangkan pada malam harinya," tandas dia.

Kasus Kerumunan Diusut Polisi

Polisi mengusut kerumunan simpatisan Rizieq Syihab yang hendak menonton persidangan di PN Jaktim, Kamis (24/6) kemarin. "Fokus kami ke pemeriksaan kerumunannya. Itu kan dari berbagai daerah, kita hanya fokus ke siapa yang menyuruh, dari mana dia tahu, alasannya kenapa hadir," kata Suardi.

Suardi menerangkan, sebanyak 131 orang diamankan di pelbagai kawasan di Jaktim. Mereka disebut berkerumun di tengah pandemi Covid-19.

Polisi membawa mereka ke Polres Metro Jaktim untuk dimintai keterangan. Berdasarkan pemeriksaan, kehadiran simpatisan Rizieq Syihab atas inisiatif sendiri.

"Keteranganya inisiatif dia (simpatisan, karena dapat informasi beraneka ragam ada melalui majelis taklim, dan ustaz serta ada juga yang memang mendapat info media sosial," ujar dia.

Diketahui, 131 orang diamankan jajaran Polres Metro Jaktim. Mereka diduga hendak menyaksikan persidangan eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Syihab di PN Jaktim, Kamis (24/6) kemarin. Ratusan massa itu dipulangkan setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan. Salah satu massa ditangkap kedapatan membawa pisau.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini