Presiden UEA Akan Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo

Rabu, 28 September 2022 19:41 Reporter : Arie Sunaryo
Presiden UEA Akan Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed. ©2022 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Masjid Raya Sheikh Zayed yang berada di kawasan Gilingan, Kota Solo akan diresmikan pada 17 November 2022. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, peresmian akan dilakukan langsung Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Muhammad bin Zayed Al-Nahyan atau MBZ.

"Nanti Masjid Gilingan akan diresmikan langsung oleh Yang Mulia MBZ. Jadi setelah dari G20 beliau akan meresmikan langsung Masjid Gilingan," ujar Gibran di Balai Kota, baru-baru ini.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan, pembangunan masjid yang mirip aslinya di UEA itu sudah selesai. Ia juga berharap masjid terbesar di Solo Raya itu bisa segera difungsikan. Ia juga berharap masjid tersebut bisa melengkapi destinasi wisata, khususnya wisata religi di Kota Bengawan.

2 dari 2 halaman

Dilengkaoi Islamic Center

Masjid itu juga akan dilengkapi dengan Islamic Center yang lokasinya saling berdekatan. Pembangunan Islamic Center sendiri rencananya baru akan dimulai seusai peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed.

"Iya nanti jadi destinasi wisata untuk Kota Solo. Ditambah lagi dengan Islamic Center nanti," katanya.

Masjid Raya Sheikh Zayed berada di Jalan Ahmad Yani atau menempati bekas SPBU Gilingan, Banjarsari Solo. Sementara untuk lokasi pembangunan Islamic Center akan menempati lahan Kantor Detasemen Pembekalan Angkutan (Denbekang) IV-44-04/Surakarta. Tanah seluas sekitar satu hektare tersebut berada di seberang Masjid Raya Sheikh Zayed.

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed dilakukan 6 Maret 2020 lalu. Hadir dalam acara tersebut Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA dan sejumlah pejabat lainnya. [yan]

Baca juga:
Gibran: Masjid Raya Sheikh Zayed Hibah Pangeran UEA di Solo Diresmikan 17 November
Kemenag Buka Seleksi Imam Masjid untuk Penempatan di UEA, Ini Syaratnya
Menag Sebut Kerja Sama UEA Berlanjut, Grand Mosque Solo Mulai Dibangun Maret 2021
UEA akan Bangun Masjid Bernama Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini