Presiden Jokowi sudah tunjuk calon Sekretaris MA pengganti Nurhadi

Rabu, 18 Januari 2017 16:56 Reporter : Supriatin
Presiden Jokowi sudah tunjuk calon Sekretaris MA pengganti Nurhadi gedung mahkamah agung. ©mahkamahagung.go.id

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memilih satu nama calon Sekretaris Mahkamah Agung (MA). Saat ini ada tiga nama calon Sekretaris MA yang sudah dikantongi Jokowi yakni Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Aco Nur, dan Imron Rosyadi.

"Tadi saya konfirmasi, sudah ada keputusan pemilihan sekretaris MA tapi memang nama itu belum disampaikan ke MA. Sudah dipilih," kata Juru Bicara Kepresidenan, Johan Budi Sapto Prabowo, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/1).

Kendati demikian, Johan mengaku belum tahu siapa nama yang dipilih Kepala Negara.

"Nah itu saya belum nanya. Itu PR saya buat besok menanyakan namanya," ujarnya.

Johan menambahkan, pengangkatan Sekretaris Mahkamah Agung baru itu akan diperkuat dengan Keputusan Presiden (Keppres). Hingga saat ini, Keppres yang dimaksud belum bisa disampaikan.

"Nanti ada Keppresnya," singkat Johan.

Untuk diketahui, tiga nama yang masuk dalam bursa pencalonan Ketua MA sudah dinyatakan lolos seleksi. Tahapan seleksi yang dimaksud yakni, seleksi administrasi, penulisan makalah, uji kompetensi, presentasi dan wawancara.

Wawancara tersebut dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Sekma yang terdiri dari dua pejabat Mahkamah Agung, seorang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, seorang dari badan Kepegawaian Negara, serta seorang akademikus. Panitia seleksi Sekma juga melibatkan KPK terkait laporan harta kekayaan (LHKPN) dan PPATK untuk transaksi keuangan.

Jabatan Sekretaris MA mengalami kekosongan setelah Nurhadi, mengundurkan karena tersandung kasus dugaan suap yang melibatkan dirinya. [lia]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini