Presiden Jokowi Minta Penataan Fasilitas Menuju Sirkuit Mandalika Tuntas Februari

Kamis, 13 Januari 2022 14:58 Reporter : Dedi Rahmadi
Presiden Jokowi Minta Penataan Fasilitas Menuju Sirkuit Mandalika Tuntas Februari Jokowi jajal Jalan Bypass BIL-Mandalika. ©Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penataan fasilitas infrastruktur menuju Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dapat tuntas pada Februari 2022.

“Kita harapkan dari airport menuju ke Mandalika, ke Sirkuit Mandalika itu betul-betul tamu diantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik. Oleh sebab itu, ini harus disiapkan dan saya minta dalam bulan Februari semuanya sudah bisa diselesaikan,” kata Presiden Jokowi usai meninjau jalan bypass menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/1).

Penataan fasilitas-fasilitas tersebut meliputi, antara lain, penghijauan di median jalan melalui penanaman rumput dan pohon Bugenvil, Tabebuya, Ketapang Kencana, dan Pule. Sementara itu, penghijauan di jalur lambat melalui penimbunan tanah, penanaman rumput dan pohon Trembesi, Angsana, Jati, dan Pule.

Presiden berharap para tamu dan penonton MotoGP 2022 dapat menikmati keindahan di sepanjang jalan ketika gelaran MotoGP berlangsung.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden menjajal sendiri jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Majid menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Ia menggunakan motor ubahan (custom) miliknya yang berwarna kombinasi hijau metalik-hitam, dengan sedikit aksen perak. Motor berjenis Kawasaki W175 tersebut memiliki kapasitas mesin 174 cc.

Beberapa lokasi yang ditinjau Presiden adalah Bundaran Bypass, Bukit Jokowi, hingga Bundaran Sunggung.

"Tadi mengecek infrastruktur utamanya jalan bypass dari airport menuju ke Mandalika terutama yang berkaitan dengan keindahan, dengan estetika, dengan landscape. Tadi juga sudah satu minggu ini dikerjakan dan kelihatan perubahannya,” katanya.

Presiden menginginkan agar pengembangan kawasan Mandalika ini tidak hanya terkait dengan ajang balap motor, namun juga harus dipastikan memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat setempat.

"Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu beberapa desa di sekitar sirkuit Mandalika telah dibangun 'homestay' yang dibantu pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah, sekarang siap 300 'homestay'," katanya.

MotoGP di Mandalika merupakan seri kedua kalender MotoGP 2022. Acara tersebut dijadwalkan berlangsung pada 20 Maret 2022 di Mandalika International Street Sirkuit, Nusa Tenggara Barat (NTB). [ded]

Baca juga:
Aksi Jokowi Geber Motor Custom di Jalan Bypass BIL-Mandalika
Momen Jokowi Tinjau Penataan Sejumlah Infrastruktur di Mandalika
Persiapan MotoGP, Drainase Mandalika akan Ditambah Antisipasi Genangan Air di Sirkuit
Jokowi Minta Semua Persiapan untuk Gelaran MotoGP di Mandalika Rampung Februari
Sambut MotoGP 2022, Jokowi Tinjau Kesiapan Bandara Lombok
Gaya Jokowi Jajal Jalan Bypass BIL-Mandalika Pakai W175 Custom
Ini Lokasi Penjual Produk Oleh-Oleh Asli NTB Disekitar Sirkuit MotoGP Mandalika

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini