Presiden Jokowi: Kejar dan Tangkap Pelaku Pembunuhan Pekerja Trans Papua

Rabu, 5 Desember 2018 12:44 Reporter : Supriatin
Presiden Jokowi: Kejar dan Tangkap Pelaku Pembunuhan Pekerja Trans Papua Jokowi hadiri sosialisasi bansos PKH. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Jokowi mengutuk keras aksi pembunuhan yang dilakukan kelompok pemberontak terhadap pekerja proyek Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Jokowi memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengejar dan menangkap para pelaku.

"Saya telah memerintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk mengejar dan menangkap seluruh pelaku tindakan biadab tersebut," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, tidak ada tempat bagi kelompok-kelompok kriminal senjata di tanah Papua maupun seluruh pelosok Tanah Air. Jokowi juga menekankan, insidenpenembakan tidak membuat pemerintah takut dan berhenti membangun Papua.

"Ini malah membuat tekad kita membara untuk melanjutkan tugas besar kita membangun tanah Papua," ucap dia.

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini menyampaikan pembangunan jalan dari Wamena ke Mamugu, Papua tetap diteruskan. Termasuk pembangunan Trans Papua sepanjang 4.600 Km harus segera diselesaikan.

"Karena dari Wamena ke Mamugu ini terus dibangun 35 jembatan. Jadi tetap harus diselesaikan. Artinya Kementerian PU jalan terus untuk membangun tanah Papua atau mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata dia.

Jokowi kemudian mengucapkan duka cita mendalam kepada seluruh keluarga korban pembunuhan di Distrik Yigi. Jokowi berharap, korban mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Mari kita bersama-sama mendoakan agar para pahlawan pembangunan Trans Papua ini diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa." [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini