Presiden Jokowi: Evakuasi Tetap Jalan Tapi Kita Imbau Warga Tidak Keluar dari Wamena

Senin, 30 September 2019 13:21 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Presiden Jokowi: Evakuasi Tetap Jalan Tapi Kita Imbau Warga Tidak Keluar dari Wamena Kerusuhan di Wamena. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Hampir 3.100 warga pendatang di Wamena telah diungsikan ke Jayapura, Papua. Mereka dievakuasi menggunakan pesawat Hercules. Hal ini dilakukan setelah kerusuhan yang terjadi di Wamena.

Evakuasi difokuskan kepada kaum ibu dan anak-anak. Sementara bapak-bapak termasuk remaja diharapkan tetap berada di Wamena agar ekonomi terus berjalan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap warga tetap berada di Wamena. "Kepala suku Lembah Baliem di Wamena sudah mengajak dan mengimbau untuk seluruh warga agar tidak mengungsi keluar Wamena, ini saya kira sebuah imbauan yang baik," ungkap Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (30/9).

Kepala Negara juga mengimbau agar warga Wamena tetap tenang dan menahan diri dengan adanya provokasi. Dia juga mengimbau seluruh masyarakat tetap di sana.

"Karena ada yang masih merasa takut kemudian minta untuk dievakuasi ke Jayapura, ya dilakukan tetapi terus kita imbau agar masyarakat tidak keluar dari Wamena," lanjut Jokowi.

Jaminan yang diberikan Presiden, kondisi sudah bisa dikenalikan. Menurutnya, aparat keamanan juga sudah menangkap pelaku kerusuhan dan pembakaran. "Karena sudah bisa mengamankan," singkatnya.

Untuk diketahui, warga dari Wamena yang dievakuasi ke Jayapura nantinya akan diantar ke daerahnya masing-masing. Hingga saat ini pesawat Hercules telah delapan kali sorti untuk mengevakuasi warga dari Wamena ke Jayapura. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini