Presiden Jokowi: 99 Persen Kebakaran Hutan Ulah Manusia

Senin, 22 Februari 2021 14:46 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Presiden Jokowi: 99 Persen Kebakaran Hutan Ulah Manusia Jokowi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan. ©2019 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, 99 persen kebakaran hutan adalah ulah manusia. Utamanya terkait faktor ekonomi.

"99persen kebakaran hutan itu ulah manusia baik itu yang disengaja ataupun tidak disengaja karena kelalaian, dan motif utamanya selalu satu ekonomi. Karena saya tahu pembersihan lahan itu lewat pembakaran adalah cara yang paling murah," kata Jokowi saat memberikan arahan kepada Peserta Rakornas Pengendalian Karhutla di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2).

Kepala Negara meminta dicarikan solusi permanen untuk mencegah dan menangani kebakaran hutan serta lahan. Jokowi meminta kepala daerah memberikan edukasi kepada para masyarakat dan hingga perusahaan agar tidak membakar hutan.

"Tapi ini sudah harus edukasi kepada masyarakat, korporasi tidak. Ini harus ditata ulang kembali cari solusi agar korporasi dan masyarakat tidak dengan cara membakar," ungkapnya.

Kepala daerah diminta melibatkan Babinsa, Babinkamtibnas, dalam pencegahan pembakaran hutan. Serta para tokoh agama.

"Berikan pendidikan edukasi yang terus menerus kepada masyarakat, kepada perusahaan, kepada korporasi terutama di daerah peningkatan hotspot, ajak tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk ikut menjelaskan kebakaran hutan akan bahaya bagi kesehatan dan juga dampak ekonomi yang tidak kecil," pesannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini