Prajurit Garuda perbaiki jalan sejauh 1.500 meter di Afrika Tengah

Senin, 21 September 2015 12:05 Reporter : Yulistyo Pratomo
Prajurit Garuda perbaiki jalan sejauh 1.500 meter di Afrika Tengah Prajurit Konga perbaiki jalan. ©2015 handout/Puspen TNI

Merdeka.com - Guna mendukung misi perdamaian di Afrika Tengah, Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) yang tergabung dalam Kontingen Garuda XXXVII-B/Minusca melakukan perbaikan jalan di ibu kota Bangui. Jalan sepanjang 1.500 yang diperbaiki prajurit TNI ini memberikan akses bagi masyarakat sekitar maupun pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Proses perbaikan jalan ini dipimpin langsung oleh Letnan Kolonel Czi Denden Sumarlin. Apalagi, jalanan tersebut menghubungkan Kampung Ngonggono dan Area Super Camp Minusca menuju Bandara Internasional Bangui-M'poko, Republik Afrika Tengah (CAR).

"Pengerjaan jalan ini akan menggunakan laterit sebagai bahan utama. Selama ini, jalan ini sudah ada tetapi hancur dan hanya dapat dilalui kendaraan roda dua," ujarnya, demikian dikutip dari siaran pers Puspen TNI, Senin (21/9). Dia menambahkan, jalan ini merupakan jalur alternatif yang akan menuju langsung ke jalur inti kota.

prajurit konga perbaiki jalan

Akses jalan Bandara Internasional Bangui-M'poko mengalami kerusakan cukup parah dan berlubang. Jika turun hujan, kondisi jalan semakin parah dengan timbulnya genangan air hingga membuat arus lalu lintas menuju lokasi penting terhambat. Alhasil, akses menuju Bandara M'Poko yang hanya memiliki satu jalur yaitu A'Venue d'Martys.

"Diharapkan setelah perbaikan jalan ini, masyarakat sekitar dapat menggunakan akses jalan menuju dan keluar bandara internasional Bangui-M'poko dengan lancar, baik pada musim panas maupun musim hujan," kata Denden.

Dengan selesainya perbaikan jalan ini, selain disiapkan sebagai alternatif jalur evakuasi, diharapkan dapat juga digunakan oleh masyarakat sekitar bandara serta badan kemanusiaan yang akan menyalurkan bantuan kepada pengungsi yang berada di sekitar runway bandara. [tyo]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini