Prabowo Bandingkan Kecilnya Anggaran Pertahanan RI dengan Negara Lain

Jumat, 9 Juli 2021 20:55 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Prabowo Bandingkan Kecilnya Anggaran Pertahanan RI dengan Negara Lain Menhan Prabowo bertemu Dirjen WHO. ©Istimewa

Merdeka.com - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto menjelaskan anggaran belanja pertahanan RI hanya 0,8 persen dari PDB negara saat ini. Sementara negara-negara lain seperti Singapura, India mendapatkan 2,4-3 persen, tetapi dia yakin dengan anggaran tersebut bisa membela dan menjaga kekayaan laut dan bumi Indonesia.

"Sebagai perbandingan saya rencananya 25 tahun kita akan menggunakan PAGU 0,8 persen dari JDP kita. Sementara negara tetangga di atas itu, sebut Singapura 3 persen dari GDP, India 2,4 persen, Indonesia hanya 0,8 persen. Tapi kalau dikelola dengan baik kita bisa lumayan kuat. Untuk membela NKRI, bumi dan laut kita jaga itu," katanya saat memberikan sambutan dalam diskusi virtual, Jumat (9/7).

Dia mengatakan, saat ini Indonesia tidak butuh kapal yang canggih. Sebab tidak ada niatan untuk menjajah bangsa lain, wilayah lain.

Prabowo menambahkan, budget militer India 2,4 persen dari PDB negara, Singapura 3,1 persen, Thailand 1,3 persen, Vietnam 0,8 persen dan Australia 1,9 persen. Tetapi dari APBN, anggaran belanja militer Indonesia hanya 5 persen, beda dengan Singapura yang mencapai 30 persen untuk pertahanan negara.

"Kita 0,8 persen JDP. APBN kita enggak sampai 5 persen dari APBN kita. Singapura 30 persen dari APBN Singapura untuk pertahanan," ujarnya.

Dia yakin dari anggaran tersebut Indonesia bisa kuat. Misalkan anggaran bisa dinaikkan lagi Indonesia bisa menjadi negara kuat.

"Kalau kita sekarang 0,8 persen kita naik saja porsinya menjadi 1,6 persen betapa kuatnya kita," tutup Prabowo. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini