PPP Sesalkan WNA China Boleh Masuk RI: Warga Mau Mudik Juga Sehat

Sabtu, 8 Mei 2021 13:50 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
PPP Sesalkan WNA China Boleh Masuk RI: Warga Mau Mudik Juga Sehat Fakta Puluhan Warga China Masuk Indonesia. Instagram/@majeliskopi08 ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Fraksi PPP DPR RI menyayangkan warga negara asing (WNA) China masuk ke Indonesia pada saat pemerintah berupaya keluar dari pandemi COVID-19.

"Kami menyayangkan adanya informasi kedatangan WNA China ke wilayah Indonesia menggunakan pesawat carter pada saat Indonesia sedang berusaha kuat keluar dari ancaman bahaya COVID-19," kata Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi dalam keterangan persnya dilansir Antara, Sabtu (8/5).

Kedatangan warga negara China, lanjut Awiek, tetap menimbulkan pertanyaan publik meskipun masuknya ke Indonesia dengan dalih proyek strategis serta dokumen resmi.

"Sementara itu, sisi lain pemerintah melarang mudik untuk membatasi pergerakan manusia agar bisa mencegah penularan COVID-19," katanya.

Namun, lanjut dia, anehnya warga negara RRT yang di negaranya menjadi sumber penyebaran COVID-19 itu justru boleh datang ke Indonesia.

"Atas dasar itu, pihak terkait seperti Kemenlu, Kemenkumham, dan Satgas COVID-19 harus berkoordinasi dengan baik untuk sementara waktu melakukan pencegahan terhadap WNA," ucap Baidowi.

Kebijakan sementara waktu melakukan pencegahan kedatangan WNA itu, menurut dia, perlu agar tercipta keadilan perlakuan pada saat masyarakat dilarang mudik.

"Jika alasannya WNA tersebut dalam kondisi sehat saat datang ke Indonesia, bukankah warga yang mau mudik juga dalam keadaan sehat?" katanya.

Baidowi mengatakan bahwa kesehatan masyarakat harus menjadi prioritas dalam menangani COVID-19. Jika masyarakat sudah sehat, menurut dia, pemulihan ekonomi akan segera tuntas.

Baca juga:
Pemprov DKI Terbitkan 312 SIKM Per 7 Mei 2021
Dua Hari Larangan Mudik, Terminal Pulogebang Hanya Angkut 51 Penumpang
Penjagaan Jalur Mudik di Tol Pejagan
Penumpang Kereta di Stasiun Senen Turun 90 Persen Hari Ketiga Larangan Mudik
Cerita Pemudik yang Lolos Sampai Garut Bermodal Keyakinan 'Polisi Juga Manusia'

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini