PPKM Level 4 di Sumsel: Palembang, Musi Banyuasin, Lubuklinggau, Musi Rawas

Sabtu, 24 Juli 2021 19:03 Reporter : Irwanto
PPKM Level 4 di Sumsel: Palembang, Musi Banyuasin, Lubuklinggau, Musi Rawas Penyekatan di Jalan Basuki Rahmat. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan empat daerah melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. PPKM ini berlaku selama dua pekan mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, keempat daerah itu adalah Palembang, Musi Banyuasin, Lubuklinggau, dan Musi Rawas. Penyebaran virus corona di daerah-daerah itu saat ini cukup tinggi.

"Kita sudah tetapkan melalui beberapa kriteria, yakni transmisi komunitas dan kapasitas. PPKM ini berlangsung dua minggu atau sampai 8 Agustus nanti," ungkap Deru, Sabtu (24/7).

Dijelaskannya, PPKM level 4 berarti suatu daerah mencatatkan kasus Covid-19 lebih dari 150 per 100.000 penduduk per minggu, perawatan pasien di rumah sakit lebih dari 30 per 100.000 penduduk per minggu, dan kasus kematian lebih dari 5 per 100.000 penduduk per minggu.

Sementara aturan teknisnya akan disesuaikan dengan kebijakan Pemprov Sumsel setelah mendapat kewenangan dari pemerintah pusat.

"Untuk tata tertib aturan batasan pasar, warung diserahkan ke daerah, ada fleksibilitas aturan nantinya. Untuk aturan akan kita tentukan setelah ada telegram dari Menteri Dalam Negeri," ujarnya.

Selama PPKM level 4 atau sebelumnya dinamakan PPKM Darurat, kata dia, tracing dan testing akan diperluas. Dengan demikian, orang-orang yang terpapar virus corona dapat diketahui sejak dini atau setelah kontak erat dengan pasien.

"Kita bersyukur sudah banyak masyarakat yang sadar untuk memeriksakan dirinya. Karena itu tracing dan terus ditingkatkan," kata dia.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19, terutama isolasi mandiri, Deru menyebut telah dilakukan penambahan 1.000 kamar tidur di wisma atlet dan asrama haji yang semuanya berada di Palembang. Sedangkan daerah yang tingkat BOR tinggi, harus berkoordinasi dengan kabupaten dan kota terdekat.

"Lokasi penerapan ganjil dan genap selama PPKM Level 4 akan ditambah, terpenting juga setiap daerah harus saling bantu agar semuanya bisa menangani pandemi," pungkasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini