PPKM Level 3 Nataru, Satgas Wajibkan Fasilitas Umum Bentuk Satgas Prokes 3M

Kamis, 25 November 2021 19:17 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PPKM Level 3 Nataru, Satgas Wajibkan Fasilitas Umum Bentuk Satgas Prokes 3M Antisipasi Gelombang Ketiga Pandemi Covid-19. ©2021 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Jubir Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, fasilitas publik yang beroperasi wajib membentuk satgas protokol kesehatan dalam masa PPKM level 3 Nataru. Tujuannya agar prokes bisa dijalankan secara optimal.

"Fasilitas publik yang beroperasi pun wajib membentuk Satgas prokes 3M, pada prinsipnya sistem pengawasan yang dibentuk di semua lini kegiatan masyarakat bertujuan agar menjamin kepatuhan protokol kesehatan dapat terlaksana secara menyeluruh," ujar Wiku lewat YouTube sekretariat presiden, Kamis (25/11).

Dia menyebut, setelah disusun aturan PPKM level 3 masa Nataru, perlu pengawasan ketat agar kasus Covid bisa ditekan. Satgas ingin menjamin kepatuhan protokol kesehatan dapat terlaksana secara menyeluruh.

"Di masa Nataru perlu adanya tindaklanjut sistem pengawasan aturan agar tujuan pembuatan regulasi yaitu menekan lonjakan kasus dapat tercapai," ucapnya.

Wiku menambahkan, pemerintah menyusun sistem pengawasan kegiatan masyarakat dengan optimalisasi Satgas Covid-19 di setiap wilayah administratif. Mulai tingkat provinsi hingga RT.

"Yaitu provinsi, kabupaten, kota, Kecamatan, desa atau kelurahan sampai ke tingkat RT dan RW," pungkasnya.

Pemprov DKI Kaji Formula Penerapan PPKM Level 3

Sementara itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah merumuskan formula penerapan PPKM Level 3 untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2022. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta supaya seluruh pihak siap menghadapi keputusan ini.

"Nanti kita atur, bagaimana memformulasikan, mengkoordinasikan, bagaimana kita sudah di (PPKM) Level 1 tapi harus kembali ke PPKM Level 2. Sabar ya, yang penting warga siap, pelaku usaha siap," ujar Riza di Jakarta, Kamis (25/11).

Riza memastikan, pihaknya akan menyesuaikan semuanya dengan rencana yang diputuskan oleh pemerintah pusat itu demi mencegah timbulnya gelombang ketiga Covid-19.

"Kita akan menyesuaikan nanti kami akan cari formula terbaik melalui kebijakan dari pemprov, bagaimana pengaturannya ketika Jakarta vaksinnya sudah luar biasa, sudah 11 juta lebih. Kemudian kondisi juga membaik penularannya turun," ucap Riza.

Per hari ini saja, kata Riza kasus aktif Covid-19 di Ibu Kota hanya 82 kasus. Riza sendiri belum memastikan apakah usai penerapan PPKM Level 3 di Jakarta, maka akan kembali ke Level 1 lagi atau harus turun secara berangsur.

"Nanti ada kebijakannya. Mudah-mudahan bisa langsung kembali (ke Level 1) jika tak ada kendala berarti. Semuanya sangat bergantung pada fakta dan data yang ada," pungkasnya.

Reporter: Yopi Makdori/Liputan6.com [bal]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini