PPKM Diperpanjang, DPR Nilai Keputusan Terbaik tapi Tak Menyenangkan Banyak Pihak

Selasa, 3 Agustus 2021 11:14 Reporter : Ahda Bayhaqi
PPKM Diperpanjang, DPR Nilai Keputusan Terbaik tapi Tak Menyenangkan Banyak Pihak Melki Laka Lena. ©DPR.GO.ID

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena mengatakan, keputusan memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 bukan keputusan yang menyenangkan banyak pihak. Namun, keputusan ini yang terbaik untuk menjaga keselamatan bersama.

"Kesimpulannya adalah memang keputusan ini mungkin tentu tidak menyenangkan banyak pihak tapi ini keputusan yang terbaik, keputusan untuk menjaga keselamatan kita bersama," ujar Melki kepada wartawan, Selasa (3/8).

Politikus Golkar ini mengatakan, jika kondisi semakin baik maka PPKM level 4 bisa diturunkan menjadi level 3. Khususnya untuk wilayah Jawa-Bali.

"Dan yang pasti kalo kondisi semakin baik, dan PPKM level 4 akan diturunkan ke level 3 terutama daerah Jawa dan Bali," ujarnya.

Sebaliknya, daerah di luar Jawa-Bali saat ini kasus Covid-19 sedang meningkat.

Melki mengingatkan supaya fokus untuk mengedepankan kesehatan dengan baik dan kapasitas pelayanan kesehatan bergerak dengan baik. Serta tenaga kesehatan mendapatkan perlindungan dan diberikan insentif tepat waktu.

"Kemudian alat pelindung diri yang baik, dan juga obat, dan alkes seperti oksigen juga tersedia, sehingga membuat angka kematian yang relatif tinggi ini dapat kita turunkan dalam waktu ke depan ini," ujarnya.

Melki mengatakan, seperti disampaikan Presiden Joko Widodo parameter telah menunjukkan kondisi beranjak membaik meski belum sepenuhnya. Angka kasus mulai menurun, kesembuhan tinggi dan pasien di rumah sakit sudah turun. Namun angka kematian masih menjadi perhatian

"Tapi yang pasti bahwa angka kematian ini yang harus jadi perhatian ke depan, sehingga memang memperkuat fasilitas terkait kesehatan dan juga berbagai kebutuhan obat, oksigen di rumah sakit dan tempat penanganan kesehatan menjadi penting untuk bisa menekan angka kematian yang masih belum sepenuhnya bisa dikendalikan ini," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Terhitung sejak 3 Agustus hingga 9 Agustus 2021.

"Pemerintah memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3-9 Agustus di beberapa kab/kota tertentu, dengan penyesuaian dan mobilitas kondisi masing-masing daerah," ungkap Jokowi dalam konferensi pers, Senin (2/8). [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini