PPKM di Tangsel: Akses ke Wilayah RT di Zona Merah Hanya Sampai Pukul 20.00 WIB

Senin, 21 Juni 2021 02:04 Reporter : Kirom
PPKM di Tangsel: Akses ke Wilayah RT di Zona Merah Hanya Sampai Pukul 20.00 WIB Zona merah di Gandasari Tangerang. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Perpanjangan Pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro tingkat Rukun Tetangga (RT) di Tangerang Selatan, kembali diberlakukan hingga 28 Juni 2021.

Pemkot Tangsel mengatur upaya pengendalian penanganan Covid-19 di tingkat RT berdasarkan kriteria zonasi. Mulai dari zona hijau, kuning, oranye dan merah.

Pemkot Tangsel mengizinkan adanya isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat lingkungan RT dan warga sekitar.

"Zona hijau dengan kriteria warga pada satu RT tidak ada kasus, maka skenario pengendalian dilakukan dengan surveilans aktif, seluruh suspek di tes dan pemantauan kasus tetap dilakukan secara rutin dan berkala," ungkap wali kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie dalam keterangannya, Minggu (20/6).

Sementara untuk wilayah RT dalam zona kuning, yaitu apabila terdapat satu sampai dengan dua rumah pada satu RT, terkonfirmasi positif Covid-19 selama tujuh hari terakhir.

"Pasien melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat," kata Benyamin.

Untuk zona oranye, dengan kriteria adanya tiga sampai dengan lima rumah pada satu RT dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 selama tujuh hari terakhir.

Benyamin menegaskan, untuk wilayah RT dalam zona merah, dengan kriteria apabila terdapat lebih dari lima rumah pada satu RT dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 selama tujuh hari terakhir. Maka skenario pengendalian dengan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat tingkat RT.

"Membatasi secara ketat rumah ibadah, dan lebih mengoptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah serta menutup tempat bermain anak, dan tempat umum lainnya secara proporsional sesuai dengan perkembangan penyebaran kasus. Kecuali sektor esensial," katanya.

Satgas RT juga harus melarang kerumunan lebih dari tiga orang. Sekaligus membatasi keluar masuk wilayah RT sampai pukul 20.00 WIB. Serta meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan.

Baca Selanjutnya: Operasional Mal Resto hingga Warung...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PPKM
  3. Mencegah Virus Corona
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini