Potret Novel Baswedan saat Bertugas sebagai Satgasus Pencegahan Korupsi Polri

Selasa, 31 Mei 2022 00:09 Reporter : Bachtiarudin Alam
Potret Novel Baswedan saat Bertugas sebagai Satgasus Pencegahan Korupsi Polri Wakil Ketua Satgasus Pencegahan Korupsi Polri Novel Baswedan. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan penyidik senior KPK, Novel Baswedan ditunjuk sebagai Wakil Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Pencegahan Korupsi Polri. Novel sudah mulai bekerja. Hari ini, dia mengunjungi KPU Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe A Tanjung Priok.

Novel didampingi oleh tim dari Direktorat Kepatuhan Internal (Dit. KI) dan Direktorat Penindakan dan Penyidikan (Dit. P2), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Dengan kemeja putih dipadukan celana formal hitam serta topi, Novel terlihat berkeliling mengecek proses bisnis pemeriksaan barang di pelabuhan peti kemas Tanjung Priok, Jakarta.

Novel bertugas membantu dan mendampingi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang sejak 2019 sedang melaksanakan Program Penguatan Reformasi Bea Cukai.

wakil ketua satgasus pencegahan korupsi polri novel baswedan
©2022 Merdeka.com

Pada program itu, Bea Cukai menggandeng Polri dan Kementerian Keuangan. Harapannya, Bea Cukai dapat mencegah peluang terjadinya korupsi pada kegiatan ekspor dan impor yang berimplikasi pada kemudahan berusaha dan peningkatan penerimaan negara.

Kegiatan di KPU BC Tipe A Tanjung Priok ini merupakan awalan dari kegiatan lapangan yang akan dilaksanakan oleh Satgasus Pencegahan Korupsi Polri bersama-sama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Inspektorat Bidang Investigasi, Kementerian Keuangan.

2 dari 2 halaman

Novel Baswedan dan puluhan pegawai KPK menyita perhatian publik ketika dipecat dari KPK. Novel dan kawan-kawan dinyatakan tidak lolos tes wawasan kebangsaan sebagai syarat menjadi ASN KPK.

Mereka ditarik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi ASN Polri. Di Korps Bhayangkara, Novel Baswedan Cs diberi tugas di Satgas Pemberantasan Korupsi.

Novel Baswedan Cs bertugas melakukan fungsi deteksi dan monitoring tindak pidana korupsi di berbagai lini. Termasuk sektor yang berkaitan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). [ray]

Baca juga:
Novel Baswedan Ungkap Alasan Harun Masiku Tak Kunjung Tertangkap
Eks Penyidik KPK: Harusnya Firli Tak Boleh Tidur Nyenyak Sebelum Tangkap Harun Masiku
Periksa Mata, Novel Baswedan akan Berangkat ke Belanda
Novel Baswedan Kecewa Kepala Biro Hukum KPK Sebut Pegawai KPK Sebelum ASN Tak Jelas
Gugat TWK ke PTUN, Novel Baswedan Cs Sebut Bentuk Kecintaan Eks Pegawai ke KPK

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini