Potret Jokowi Tinjau Lumbung Pangan saat Hujan Lebat di Sumba Tengah

Rabu, 24 Februari 2021 07:01 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Potret Jokowi Tinjau Lumbung Pangan saat Hujan Lebat di Sumba Tengah Jokowi Tinjau Lumbung Pangan Saat Hujan Lebat. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meninjau lokasi lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Sumba Tengah dan meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, NTT pada Selasa (23/2). Dalam kunjungannya kemarin, saat tiba di lumbung pangan kondisi Sumba Tengah hujan lebat.

Walaupun begitu dia tidak mau berdiam diri. Jokowi pun langsung turun untuk meninjau.

Dengan menggunakan payung biru dan tanpa dipegangi paspampres, Jokowi berjalan di pertengahan sawah. Peninjauan pun dilakukan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Presiden Jokowi melalui media sosial instagram juga mengunggah mengenai kegiatannya meninjau lumbung pangan baru di NTT.

"Hujan lebat di Desa Makata Keri, Sumba Tengah, saat saya datang meninjau lumbung pangan baru di NTT ini, siang tadi. Luasnya 5.000 ha untuk padi dan jagung. Kendalanya hanya soal ketersediaan air. Untuk itulah pemerintah membangun ratusan sumur bor dan beberapa embung di sana," katanya dikutip merdeka.com, Rabu (23/2).

Lebih lanjut, Jokowi juga menyatakan bahwa dirinya telah menginstruksikan Basuki untuk melihat potensi pembangunan bendungan dan Menteri Pertanian memberi bantuan alat mesin pertanian kepada petani setempat.

"Dengan food estate di Kalteng, Sumut, dan NTT ini, akan terbangun ketahanan pangan yang baik di negara kita," ujarnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini