Potret Jokowi Saat Blusukan Seperti 'Tak Dikawal' Paspampres

Kamis, 3 Januari 2019 06:30 Reporter : Syifa Hanifah
Potret Jokowi Saat Blusukan Seperti 'Tak Dikawal' Paspampres Jokowi tanpa pengawalan Paspampres. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam berbagai foto dan video seperti berjalan seorang diri saat meninjau suatu lokasi seperti tidak ada pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Meski terlihat seperti tidak ada pengawalan, sebenarnya penjagaan tetap dilakukan oleh Paspampres. Namun dari jarak tidak terlalu dekat.

Biasanya Presiden Jokowi berjalan seorang diri saat mengecek secara langsung kondisi lapangan. Terkadang Jokowi juga berbincang-bincang dengan pejabat terkait, sedangkan posisi Paspampres jaraknya tidak terlalu dekat dengan presiden.

Beberapa foto Jokowi seorang diri diabadikan di akun media sosial pribadinya. Berikut ini potret Jokowi seorang diri seperti terlihat 'tak dikawal' Paspampres:

1 dari 5 halaman

Saat Tinjau Bencana

Jokowi tinjau Tsunami Sunda Selatan. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Saat tsunami menerjang wilayah Banten, Jokowi langsung meninjau lokasi tersebut, pada 24 Desember 2018 yang didampingi oleh Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita serta pejabat negara lainnya.

Dia langsung meninjau beberapa lokasi terdampak tsunami. Dalam rekaman video, Jokowi berjalan sendiri menyusuri lokasi tepat di tepi pantai yang keadaan sekelilingnya sudah porak poranda diterjang tsunami. Dia menatap langsung laut di hadapannya seorang diri tanpa ada menteri dan Paspampres didekatnya.

Dengan kemeja putih dan celana jeans, mantan Gubernur DKI juga menyusuri rumah-rumah warga dan penginapan yang sudah rata dengan tanah. Menteri dan Paspampres tidak mengikuti Jokowi saat menyusuri puing-puing bangunan seorang diri, mereka semua berdiri beberapa meter dari Jokowi. Kesendirian Jokowi menyusuri lokasi bencana diabadikan dalam video dan foto. Semua diabadikan di akun media sosial milik Presiden Jokowi.

2 dari 5 halaman

Jokowi Tinjau Sungai Citarum

Jokowi Tanpa Pengawalan Paspampres. ©2019 Merdeka.com/ Instagram @jokowi

Jokowi meninjau langsung Sungai Citarum pada Februari 2018. Kedatangannya khusus untuk meresmikan penataan sungai citarum di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyempatkan diri untuk berkeliling aliran sungai Citarum yang ditemani beberapa menteri dan pejabat daerah setempat.

Terdapat foto di mana Presiden Jokowi sedang berdiri sendiri dia atas papan yang dibuat dari kayu. Dia yang menggunakan kemeja putih dan celana hitam terlihat sedang menghadap aliran sungai Citarum dengan salah satu tangan yang sedang menunjuk ke air. Foto ini dia unggah di Instagram pribadinya.

3 dari 5 halaman

Tinjau Jalur Trans Papua

Jokowi Tanpa Pengawalan Paspampres. ©2019 Merdeka.com/ Instagram @jokowi

Presiden Jokowi fokus pada pembangunan infrastruktur di Papua dengan membuka jalur Trans Papua. Bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, potret Presiden Jokowi meninjau jalur Trans Papua diabadikan dalam satu foto yang dia unggah di Instagram @jokowi.

Dalam foto tersebut terlihat hanya ada Jokowi dan Menteri Basuki yang kiri kanan masih hutan belantara. Dalam foto tersebut Jokowi memberi keterangan, "Ini di kilometer 84 ruas jalan Merauke – Sota, Distrik Sota di Kabupaten Merauke. Dulu jalannya penuh kubangan lumpur, orang-orang yang melintas dari dan menuju Boven Digoel sering menginap di jalan," tulis Jokowi 17 November 2018.

4 dari 5 halaman

Foto di Perkebunan Kelapa Sawit

Jokowi Tanpa Pengawalan Paspampres. ©2019 Merdeka.com/ Instagram @jokowi

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki lahan sawit 13 juta hektare. Produksi dan stoknya melimpah, bisa sampai 42 juta ton. Saat berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan Jokowi menyempatkan diri mendatangi perkebunan kelapa sawit. 

Dalam foto di Instagram @jokowi, Jokowi terlihat dengan berjalan seorang diri. Foto yang diambil dari belakang, sehingga hanya menampilkan bagian belakang tubuh Jokowi yang di depannya terdapat pohon kelapa sawit.

5 dari 5 halaman

Berjalan di Tepi Sawah

Jokowi Tanpa Pengawalan Paspampres. ©2019 Merdeka.com/ Instagram @jokowi

Presiden Jokowi terlihat sangat menikmati jalan seorang diri di tepi sawah dengan hamparan padi dan bukit. Dalam foto tersebut Jokowi berpesan agar warga Indonesia rajin berjalan kaki dan berolahraga.

"Saya sendiri selalu berusaha untuk selalu berjalan kaki, terutama jika sedang melakukan kunjungan ke daerah, entah masuk ke desa, ke sawah, atau di tepi pantai. Jalan kaki itu menyehatkan. Dan mengasyikkan," tulis Jokowi. [has]

Baca juga:
Hoaks, Pidato Jokowi Menyatakan PKI Tidak Bersalah
KEIN: Pemerintah Jokowi Berhasil Turunkan Sepertiga Inflasi Bahan Makanan
Keceriaan Anak-anak Korban Tsunami Lampung Bermain Kuis dengan Jokowi
Target Penerimaan Negara Tercapai, Misbakhun Puji Program Tax Amnesty Jokowi
PA 212 Tolak Capres Baca Alquran: Kalau Dua-duanya Enggak Bisa Mau Digugurkan?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini