Positivity Rate di Jabar Hanya 4 Persen, Ridwan Kamil Klaim Covid-19 Masih Terkendali

Rabu, 15 Juli 2020 14:52 Reporter : Merdeka
Positivity Rate di Jabar Hanya 4 Persen, Ridwan Kamil Klaim Covid-19 Masih Terkendali Ridwan Kamil. Humas Provinsi Jawa Barat ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut positivity rate Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Jawa Barat saat ini hanya 4 persen, meski adanya klaster Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD. Kasus corona di Jawa Barat diketahui melonjak karena munculnya klaster penyebaran baru di Secapa AD.

Angka tersebut, kata Kang Emil, juga di bawah ambang batas ideal yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni kurang dari 5 persen. Selain itu, Emil mengatakan dibandingkan provinsi lainnya positivity rate di Jabar juga jauh lebih kecil.

"Jabar dianggap baik, salah satu ukurannya positivity rate. Salah satu ukuran WHO ya, keterpaparan. Kita kan di bawah 5 persen. Dari 100 persen PCR-Swab, kita hanya 4 persen," kata Emil usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (15/7).

"Provinsi lain dekat kita, ada 30 keterpaparannya, 12 persen, 10 persen," sambungnya.

Merujuk ke angka tersebut, Kang Emil mengklaim kasus corona di Jawa Barat sejauh ini masih terkendali. Meski begitu, dia mengakui bahwa lembaga pendidikan berbasis asrama masih perlu diwaspadai.

"Jadi waktu Secapa dilaporkan kan naik tuh. Besoknya udah turun lagi ke 70, 50, jadi artinya Jabar tuh sebenarnya terkendali. Tapi ada titik-titik yang perlu diwaspadai yakni lembaga pendidikan kenegaraan yang berasrama," jelasnya.

Lembaga pendidikan berbasis asrama memang dinilai sangat perlu diwaspadai sebab sangat rentan menjadi klaster penyebaran virus corona. Terlebih, siswa yang datang ke asrama berasal dari seluruh Indonesia sehingga harus betul-betul diawasi.

"Karena apa? Karena siswanya datang dari seluruh Indonesia. Yang mengakibatkan, saya enggak bisa mengontrol karena kewenangan ada di pemerintah pusat. Tadi sudah saya laporkan kepada Presiden," ujar Ridwan Kamil.

Reporter: Lizsa Egeham [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini