Positivity Rate Covid-19 di Garut Mencapai 25 Persen

Kamis, 22 Juli 2021 21:31 Reporter : Mochammad Iqbal
Positivity Rate Covid-19 di Garut Mencapai 25 Persen pasien corona. ©2020 Merdeka.com/antara

Merdeka.com - Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani mengatakan, selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, kasus Covid-19 mengalami penurunan. Walau begitu, saat ini positivity rate kasus harian masih di angka 25 persen.

“Memang ada penurunan (kasus Covid-19), tapi positivity rate di kita masih 25 persen per hari. Jadinya saat ini Kabupaten Garut masih ada di level 3,” kata Leli, Kamis (22/7).

Dia menjelaskan bahwa penurunan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Garut terjadi karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah karena terjadi pengurangan tes akibat dari penurunan orang yang mau dites.

“Saat ini memang ada kendala di masyarakat. Sekarang masyarakat banyak yang tidak mau dites (Covid-19,” jelasnya.

Walau begitu, diungkapkan Leli, selama PPKM darurat situasi Garut lebih terkendali dan penambahan kasusnya lebih tenang dibanding sebelumnya.

“Kalau sebelum-sebelumnya kan kasus betul-betul membludak, sarana penuh, tempat isolasi penuh, nakes banyak terpapar, jadinya kita merasakan suasana yang cukup riweuh (sibuk) sehingga kita harus betul-betul kerja ekstra,” ungkapnya.

Selain itu juga, penurunan kasus Covid-19 juga terjadi karena berkurangnya pergerakan masyarakat. “Mudah-mudahan ini sesuai realitas di lapangan,” katanya.

Hingga Kamis (22/7), di Kabupaten Garut diketahui 22.515 orang warga terpapar Covid-19. Dari jumlah itu, 687 orang menjalani isolasi mandiri, 300 orang menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit. 20.462 orang sembuh, dan 1.066 orang meninggal dunia. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini