Posisi Ketiga Survei Capres Pilihan Anak Muda, Ridwan Kamil Tak Khawatir

Selasa, 23 Maret 2021 15:04 Reporter : Aksara Bebey
Posisi Ketiga Survei Capres Pilihan Anak Muda, Ridwan Kamil Tak Khawatir Ridwan Kamil.

Merdeka.com - Ridwan Kamil tidak mau jumawa menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menempatkan namanya di tiga besar calon presiden (capres) pilihan pemilih muda. Dalam survei itu, dia hanya kalah dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang berada dalam urutan pertama dan kedua.

Menurut Ridwan Kamil, hasil survei itu merupakan salah satu indikator kinerjanya mendapat respons baik. "Saya kerja tidak berubah etos kerjanya. Tidak ngatur-ngatur, tidak nge-buzzer-buzzer kumaha, henteu (tidak). Kalau diapresiasi menjadi elektoral, alhamdulillah. Dan juga masih panjang (Pilpres 2024)," kata dia di Bandung, Selasa (23/3).

Ridwan Kamil menyoroti pemilih muda sangat penting dalam setiap pemilu. Menurut dia, anak muda tidak asal pilih dan selalu berbasis riset dalam setiap pengambilan keputusan memilih calon.

Satu yang dekat dengan dunia pemilih muda adalah dunia digital. Capaian kinerja yang sudah dilakukan pemerintah pun harus disampaikan melalui berbagai platform digital.

"Milenial itu memilih politik itu biasanya dari digital, riset. Jadi kalau kita rajin mengabarkan pencapaian-pencapaian, apresiasi itu pasti muncul," katanya.

Selain itu, Ridwan Kamil menganggap bahwa kontestasi politik semacam Pilpres bukan ajang persaingan individu. Ada banyak pengaruh yang bisa menjadi pembeda. Salah satunya adalah pasangan.

"Kalau pilpres saya tidak khawatir. Kenapa, yang riil penting itu elektoral pasangan. (Hasil survei calon yang muncul dalam survei) tipis-tipis kan, enggak jomplang 10 persen atau berapa," ucap dia.

Berdasarkan data survei Indikator Politik Indonesia yang berhasil dihimpun, ada 17 nama tokoh yang menjadi pilihan. Hasilnya, Anies Baswedan yang saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta mendapat angka tertinggi, yakni 15,2 persen. Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah menyusul di ranking dua dengan angka 13,7 persen. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di bawahnya dengan 10,2 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menempati peringkat keempat dengan 9,8 persen. Kemudian, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dengan 9,5 persen, dan di ranking 6 yaitu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 4,1 persen.

Survei ini digelar Maret 2021 dengan melibatkan 1.200 responden berusia 17-21 tahun. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020. Survei dilakukan melalui telepon dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error kurang lebih sebesar 2,9 persen. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini