Ponpes Assalaam siapkan 16 teropong buat warga nikmati gerhana bulan

Rabu, 31 Januari 2018 10:17 Reporter : Arie Sunaryo
Ponpes Assalaam siapkan 16 teropong buat warga nikmati gerhana bulan Teropong di Ponpes Assalaam. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua fenomena alam yang terjadi bersamaan, yaitu supermoon dan gerhana bulan total akan terjadi nanti malam. Warga Solo yang ingin menikmati lebih jelas peristiwa langka tersebut, bisa datang ke Pondok Pesantren Modern Islam Assalam, Pabelan, Solo, Rabu (31/1).

Tak hanya para santri, Ponpes Assalaam juga akan ajak masyarakat untuk ikut meneropong langit dan nonton bareng gerhana tersebut. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di ruangan observatorium, yang berada di lantai 6 kompleks Ponpes Assalam.

"Kita sediakan 16 teropong untuk menyaksikan fenomena langka nanti malam," ujar Qomaruddin, Kepala Humas Ponpes Assalam, kepada merdeka.com.

Qomaruddin mempersilakan masyarakat datang ke observatorium Ponpes Assalaam yang akan dibuka untuk umum mulai pukul 19.00 Wib. Selain menyaksikan gerhana bulan, masyarakat juga diajak mengikuti salat gerhana dan khotbah tentang gerhana di masjid kompleks Ponpes Assalam pukul 20.00 Wib.

Lebih lanjut, Qomarudin menjelaskan, para santri dan guru pendamping akan mengamati pergerakan langit, bintang-bintang dan gerhana bulan serta gejala yang ditimbulkannya lewat teropong tersebut. Untuk keperluan tersebut, pihaknya juga menyiapkan 3 teropong digital.

"Santri yang mengamati pergerakan langit ini adalah para santri yang mengikuti ekstrakurikuler CASA (Club Astronomi Santri Assalam)," katanya.

Untuk kegiatan tersebut, lanjut dia, para santri ini akan didampingi oleh AR Sugeng Riyadi selaku Kepala Pusat Astronomi Ponpes Assalam. Qomaruddin menjelaskan kegiatan ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh pondok pesantren tersebut. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini