PON Jabar banyak kisruh di mana-mana, KONI malah beri nilai 9

Kamis, 29 September 2016 06:18 Reporter : Hery H Winarno
PON Jabar banyak kisruh di mana-mana, KONI malah beri nilai 9 PON Expo Jabar 2016. ©2016 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) besok akan resmi ditutup. Namun pelaksanaan PON ke XIX di Jawa Barat itu dinilai banyak amburadulnya. Banyak pihak tidak puas dan menyebut penyelenggaraan PON tahun ini kacau balau.

Bahkan Selasa kemarin, hastag #PonJabarKacau menjadi trending topik di media sosial twitter. Hastag #PonJabarKacau menempati posisi kedua trending topik Twitter Indonesia.

Pesta olahraga empat tahunan tersebut diwarnai dengan banyak insiden kericuhan. Mulai dari kebijakan wildcard bagi atlet Jawa Barat, intimidasi terhadap wartawan hingga perkelahian di tengah arena pertandingan.

Bahkan panitia penyelenggara atau Pengurus Besar (PB) PON XIX/Jabar baru saja memecat salah satu juru bicaranya, Maria Selena. Mantan Putri Indonesia 2011 ini dinilai hanya sebagai pemanis, serta tidak memahami seluruh isi pertandingan. Alhasil, posisinya digantikan Perry Soeparman.

"Resmi diganti, hasil evaluasi sekarang posisi juru bicara Pak Perry," kata Ketua Harian Umum PB PON XIX/2016 Jabar, di Bandung, Rabu (21/9). Perry sendiri saat ini merupakan Kepala Inspektorat Jabar.

Sejumlah wartawan yang meliput langsung ajang ini merasakan sulitnya memperoleh keterangan langsung mengenai PON dari Maria Selena.

"Diminta nomor telepon oleh wartawan enggak mau, bahkan ngomong soal kondisi PON terbaru pun enggak bisa. Padahal isu PON ini butuh juru bicara yang optimal," kata Ovi, wartawan harian di Bandung.

Tak hanya soal juru bicara, protes serupa juga disampaikan sembilan kontingen atlet berkuda. Mereka merasa keberatan terhadap kebijakan panitia penyelenggara untuk memberikan wildcard terhadap seluruh atet berkuda asal Jawa Barat menuai protes.

Fasilitas Wildcard tersebut membuat 10 kuda yang akan dipertandingkan melenggang dalam lima nomor langsung ke babak final tanpa melalui penyisihan. Aturan ini tercantum dalam buku petunjuk teknis atau Technical Hand Book (THB) Cabang Olahraga Berkuda. [hhw] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini