Polri sebut kepulangan Novel Baswedan mempermudah penyidik

Rabu, 21 Februari 2018 13:07 Reporter : Nur Habibie
Polri sebut kepulangan Novel Baswedan mempermudah penyidik Novel Baswedan usai operasi mata di Singapura. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dikabarkan akan segera kembali ke Indonesia dari Singapura. Dirinya masih berada di Singapura lantaran masih menjalani pengobatan usai menjadi korban penyiraman air keras tahun lalu.

Karopenmas Divhumas Mabes Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal menyambut baik kedatangan Novel. Sebab, dia mengatakan, pihaknya tak akan melakukan pengamanan khusus terkait kepulangan Novel ke Indonesia.

"Siapapun yang kembali ke negara ini ya polisi melakukan tugasnya, rutinitas, ya kan, harkamtibmas, tidak ada upaya-upaya pengamanan khusus," katanya di Kompleks Divhumas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/2).

Dia mengungkapkan, pihaknya justru sangat terbantu jika Novel pulang ke Indonesia lebih cepat. Sehingga, Iqbal menjelaskan, mempermudah pengungkapan kasus yang menimpa Novel agar cepat selesai.

"Tentunya kalau misalnya saudara Novel kembali ini akan mempermudah atau mendukung penyidik untuk segera melakukan upaya-upaya proses hukum itu," ungkapnya.

Untuk menyelesaikan kasus yang menimpa Novel itu, Iqbal mengingatkan, pihaknya bersama KPK telah melakukan kerjasama. Bahkan, penyelidikan bersama mengenai siapa yang melakukan penyiraman air keras telah dilakukan.

"Saat ini memang kita Polda Metro Jaya yang menangani kasus ini sudah melangkah maju, progresnya sudah banyak, sudah puluhan saksi yang diperiksa. Terus juga gambar sketsa wajah dibuat, bahkan juga bersama tim KPK kita melakukan proses lidik bareng. Jadi KPK, Polda Metro Jaya melakukan upaya-upaya efforts," ujarnya.

"Yang harus diingat bahwa stiap kasus mempunyai karakteristik yang berbeda. Banyak kasus-kasus lama yang baru terungkap, ya kasus-kasus pembunuhan, kasus lain banyak," sambung Iqbal.

Dia berharap agar masyarakat ikut bantu untuk mendoakan agar kasus yang saat ini ditangani Polda Metro Jaya bisa cepat terungkap.

"Maksud saya gini, Polda Metro Jaya sudah maju ke depan upaya sudah banyak dilakukan, jadi doakan saja bahwa tim gabungan kita segera menuntaskan," tandasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini