Polri Rakor Bareng 6 Kementerian & Panglima TNI Bahas Persiapan Idulfitri 2021

Rabu, 21 April 2021 13:51 Reporter : Nur Habibie
Polri Rakor Bareng 6 Kementerian & Panglima TNI Bahas Persiapan Idulfitri 2021 apel operasi ketupat 2019. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Polri melakukan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dengan sejumlah kementerian dan lembaga lain terkait kesiapan Idulfitri 1442 Hijriah atau persiapan Operasi Ketupat tahun 2021. Rakor ini dilaksanakan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Dalam undangan yang beradar pada acara rakor tersebut turut dihadiri oleh Panglima TNI, Mendagri, Menhub, Menteri PUPR, Mendag, Menkes, Menag, Kepala BNPB serta para Kapolda bersama Forkopimda.

"Rapat koordinasi ini dalam rangka menyamakan persepsi dan juga menyamakan langkah di lapangan khususnya dalam kegiatan Idulfitri pada tahun 2021," kata Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (21/4).

Salah satu yang menjadi pembahasan terkait masalah harga pangan selama bulan suci Ramadan maupun Idulfitri nanti.

"Semua dibahas di sana dan menyamakan persepsi dan menyamakan langkah-langkah dalam rangka mengantisipasi bagaimana Idulfitri ini bisa berjalan aman, khidmat dan selamat," ujarnya.

"Pada sisi lain juga Mendag di sana membahas masalah kesiapan ketersediaan dan juga masalah harga yang bisa dipertahankan selama Ramadan maupun Idulfitri," sambungnya.

Selain itu, dalam rakor tersebut juga mengevaluasi pada Ramadan dan Idulfitri pada tahun 2020. Karena, apa yang terjadi pada tahun itu tidak lagi terjadi pada tahun 2021.

"Apabila kita melihat Idulfitri dalam tahun 2020 dalam hubungannya pandemi Covid-19, pada Idulfitri 2020 pasca libur tersebut terdapat data adanya peningkatan terkonfirmasi positif virus corona itu meningkat sampai 93 persen. Kemudian data meninggal pada mingguan itu meningkat 63 persen," jelasnya.

"Mendasari daripada Idulfitri 2020 tentunya pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik untuk Ramadan maupun Idulfitri tahun 2021. Oleh karena itu tentunya kementerian terkait berusaha secara bersama-bersama bagaimana aktivitias Idulfitri ini dapat berjalan dengan aman, dengan hikmat, dengan selamat. Tentunya tidak terjadi lagi apa yang terjadi pada tahun 2020," tutupnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini