Polri Petakan Titik Kerawanan Pilkada Serentak 2020

Jumat, 11 September 2020 17:57 Reporter : Merdeka
Polri Petakan Titik Kerawanan Pilkada Serentak 2020 Brigjen Pol Awi Setiyono. ©2020 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, pihaknya telah mempetakan sejumlah titik kerawanan dalam Pilkada Serentak 2020 yang diselenggarakan di 270 daerah. Polisi menggunakan alat ukur Indeks Potensi Kerawanan (IPK).

"Tidak menutup kemungkinan di 270 lokasi tersebut ada daerah-daerah kita anggap kurang rawan, rawan, dan sangat rawan," tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (11/9).

Awi tidak merinci titik mana saja yang sudah dicatat dan dievaluasi. Sejauh ini, tim terus bekerja agar potensi gangguan dan kerawanan dapat diminimalisir hingga titik nol.

"Tentunya hal ini menjadi data intelijen yang tidak bisa kami sampaikan di forum ini," jelas dia.

IPK sendiri diukur menggunakan lima dimensi, 17 variabel, dan 118 indikator. Keseluruhannya disandingkan dengan karasteristik potensi kerawananan dari masing-masing daerah.

"Itu sudah menjadi catatan kepolisian untuk dijadikan pedoman dalam rangka melakukan deteksi dini dan mencegah dini terjadinya gangguan kamtibmas, atau terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang jadi dasar pengamanan oleh satuan kewilayahan," Awi menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini