Polri Pastikan Tetap Usut Dugaan Kasus Mafia Bola Meski Satgas Sudah Tak Aktif

Rabu, 24 November 2021 15:41 Reporter : Merdeka
Polri Pastikan Tetap Usut Dugaan Kasus Mafia Bola Meski Satgas Sudah Tak Aktif Kabiro Penmas Brigjen Rusdi Hartono. ©ANTARA/ HO-Polri

Merdeka.com - Polri menyatakan tetap memproses laporan dugaan mafia bola dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait pelaksanaan kompetisi Liga 1 maupun Liga 2. Meski Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola telah berakhir sejak Agustus 2020 tahun lalu.

"Satgas mafia bola itu sudah tidak aktif lagi sejak Agustus 2020. Tetapi pada sisi lain Polri senantiasa mendukung penuh segala aktivitas kegiatan yang dilakukan oleh PSSI," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Rabu (24/11).

"Oleh karena itu, Apabila memang dalam prosesnya kegiatan-kegiatan pertandingan sepak bola liga 1 dan liga 2 PSSI menemukan ada pelanggaran- pelanggaran atau tindak pidana, sekali lagi Polri membackup penuh," tambahnya.

Terkait hal tersebut, Rusdi pun mempersilakan PSSI hingga masyarakat untuk melaporkan bilamana ditemukan dugaan pelanggaran yang terjadi dalam pertandingan.

"Silakan hal hal yang melanggar tersebut dilaporkan kepada Polri. Dan tentu Polri akan menindaklanjuti dalam rangka bagaimana bisa membangun persepakbolaan di tanah air ini bisa berkembang lebih baik," katanya.

Sebelumnya, Isu pengaturan skor di Liga Indonesia kembali mencuat. Isu tersebut menjadi perhatian Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Sementara terkait pembentukan ulang satgas antimafia bola, Zainudin mengaku pihaknya akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan PSSI. Tak hanya itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan kepolisian.

"Besok pagi saya balik ke Jakarta, saya akan bicara dengan PSSI dan saya akan koordinasikan dengan pihak polisi," kata Zainudin usai membuka acara DBon di Hotel Myko Makassar, Minggu (7/11).

Zainudin mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah Persatuan
Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang telah melaporkan temuan dugaan pengaturan skor ke pihak polisi. Ia berharap hal tersebut bisa segera memberikan hasil.

"PSSI sudah melakukan langkah-langkah bahkan melapor ke pihak kepolisian. Semoga langkah yang dilakukan PSSI bisa segera ada hasilnya," lanjutnya. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Polri
  3. Sepakbola
  4. Mafia Sepakbola
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini