Polri Pastikan Ferdy Sambo Cs Sehat Sebelum Dilimpahkan ke Kejagung

Rabu, 5 Oktober 2022 11:00 Reporter : Bachtiarudin Alam
Polri Pastikan Ferdy Sambo Cs Sehat Sebelum Dilimpahkan ke Kejagung Ferdy Sambo Peluk Erat Istri Saat Rekonstruksi. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Bareskrim Polri memastikan para tersangka pembunuhan berencana Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat dalam keadaan sehat. Mereka langsung dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) usai menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Semua dinyatakan sehat. Oleh sebab itu, penyidik (Bareskrim Polri) langsung digeser ke Kejaksaan Agung," kata Karo Multimedia Divisi Humas, Brigjen Pol Gatot Repli Handoko di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/10).

Adapun, Gatot mengatakan bahwa urusan penahan setelah proses tahap II rampung dilakukan. Tanggung jawab para tersangka sepenuhnya telah dipegang Kejaksaan termasuk barang bukti.

"Kalau kemarin itu adalah pemeriksaan atau verifikasi dengan tim JPU, oleh tim JPU sudah dinyatakan lengkap. Sekarang ini tinggal kita menggeser (tersangka) ke JPU," terangnya.

"Ada macam-macam (barang bukti) yang jelas jumlahnya hampir ada sekitar tiga kontainer box plastik itu barang buktinya," tambah dia.

2 dari 3 halaman

Ferdy Sambo Cs Langsung Ditahan

Sementara, kata Gatot, Bareskrim Polri batal menampilkan para tersangka Ferdy Sambo Cs, karena usai menjalani tes kesehatan mereka langsung dibawa ke Kejaksaan.

"Enggak (dihadirkan di Bareskrim) langsung digeser dibawa (ke Kejagung). Semua dinyatakan sehat. Oleh sebab itu oleh penyidik langsung digeser ke Kejaksaan Agung," kata Gatot.

Setelah proses pelimpahan, Kejaksaan Agung (Kejagung) langsung membawa para tersangka ke rumah tahanan (rutan) yang telah disepakati dengan penyidik. Ferdy Sambo ditahan di rutan Mako Brimob, Kelapa Dua bersama dengan Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman.

Sedangkan, Putri Candrawathi akan dijebloskan ke Rutan Salemba cabang Kejagung. Lalu Brigadir RR; Bharada E; dan Kuat Maruf; Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto; dan AKP Irfan Widyanto akan ditahan di rutan Bareskrim Polri.

3 dari 3 halaman

Update Perkara

Sebelumnya, Kapolri Listyo Sigit memastikan pelimpahan berkas tahap II berikut barang bukti ke JPU akan ditampilkan ke publik. Menurutnya, hal itu mengikuti prosedur yang berlaku.

"Tentunya penyerahan tersangka dan barang bukti dari kepolisian diantar ke Kejaksaan," kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10

Sepanjang proses pelimpahan berkas kasus pembunuhan Brigadir J, sejauh ini kepolisian telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR, dan asisten rumah tangga Kuwat Maruf, serta istri Sambo Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan berencana.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 340 subsidair Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP. Empat tersangka sudah ditahan, sementara Putri masih menunggu pemeriksaan selanjutnya.

Selain itu, polisi juga telah menetapkan tujuh orang tersangka terkait obstruction of justice dalam kasus ini. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto.

Mereka diduga melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

[tin]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini