Polri Masih Rahasiakan Motif Kasus Irjen Ferdy Sambo, Ini Kata Jokowi

Jumat, 12 Agustus 2022 20:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Polri Masih Rahasiakan Motif Kasus Irjen Ferdy Sambo, Ini Kata Jokowi Irjen Ferdy Sambo diperiksa polisi. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Polri hingga kini menutup rapat-rapat motif pemicu terjadinya pembunuhan Brigadir J oleh sang bos, Irjen Pol Ferdy Sambo. Polri beralasan, hal tersebut masuk ke dalam ranah privasi. Menyerahkan hal itu pada pengadilan.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan bicara panjang lebar. Dia menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Ya tanyakan ke Kapolri," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Jumat (12/8).

Jokowi merasa sudah terlalu sering menyampaikan kasus tersebut ke publik. Sehingga, ia meminta Jenderal Sigit menjelaskan seluruhnya ke masyarakat.

"Ya tanyakan ke Kapolri, saya sudah keseringan menyampaikan itu. Tanyakan ke Kapolri. Kan sudah jelas semuanya," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Kasus pembunuhan Brigadir J kian terang. Namun, hingga kini Polri enggan mengungkap motif pembunuhan tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, motif penembakan Brigadir J hingga tewas akan dibuka di persidangan.

"Nanti akan dibuka di persidangan. Di persidangan silakan, kalau dikonsumsi ke publik nanti timbul image yang berbeda-beda," kata Dedi kepada wartawan, Kamis (11/8).

"Karena ini materi penyidikan dan semuanya nanti akan diuji di persidangan, insya Allah nanti akan disampaikan di persidangan," imbuhnya.

Dia membeberkan alasan Polri belum bisa mengungkap motif pembunuhan Brigadir J saat ini. Menurutnya, Polri menjaga perasaan keluarga Brigadir J dan Irjen Ferdy Sambo. Ferdy Sambo merupakan tersangka pembunuhan Brigadir J.

"Baik rekan-rekan, Pak Kabareskrim sudah menyampaikan untuk motif ini Pak Kabareskrim menyampaikan harus menjaga perasaan dua pihak, baik pihak dari Brigadir Yosua maupun pihaknya dari saudara FS," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Sementara itu, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan, motif pembunuhan Brigadir J belum bisa diungkap karena menjaga perasaan banyak pihak.

"Untuk menjaga perasaan semua pihak, biarlah (motif pembunuhan Brigadir J) jadi konsumsi penyidik dan nanti mudah-mudahan terbuka saat persidangan," kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, Kamis (11/8).

"Kalau enggak, izin pakai saja narasi Pak Menko Polhukam ya (soal motif pembunuhan Brigadir J)," sambungnya.

Agus Andrianto meminta awak media tidak mendalami lebih jauh motif pembunuhan Brigadir J. "Jangan kepo lah," ucapnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan motif pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat sangat sensitif. Sehingga tidak bisa diungkapkan langsung secara detail kepada publik.

"Soal motif biar nanti dikonstruksi hukumnya karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa," kata Mahfud MD dalam konferensi pers, Selasa, 9 Agustus 2022. [rnd]

Baca juga:
Terima SPDP Irjen Ferdy Sambo, Kejagung Jamin Jaksa yang Tangani Profesional
Pengacara Ferdy Sambo Bantah Sodorkan Amplop Cokelat Tebal ke LPSK
Komnas HAM Tunda Pemeriksaan Terhadap Istri Ferdy Sambo, Ini Alasannya
Mantan Pengacara Bharada E akan Temui Mahfud MD
Periksa Ferdy Sambo dan Bharada E, Komnas HAM Sambangi Mako Brimob

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini