Polri: ACT Dapat Donasi Rp60 Miliar Setiap Bulan, Langsung Dipotong 20 Persen

Sabtu, 9 Juli 2022 14:31 Reporter : Nur Habibie
Polri: ACT Dapat Donasi Rp60 Miliar Setiap Bulan, Langsung Dipotong 20 Persen Mantan Petinggi ACT Ahyudin Diperiksa Bareskrim. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memangkas uang donasi yang didapatnya sebesar 20 persen. Untuk setiap bulannya, ACT dapat mengumpulkan donasi sebesar Rp60 miliar dari para penyumbang.

"Donasi-donasi tersebut terkumpul sebanyak sekitar Rp60.000.000.000, setiap bulannya dan langsung dipangkas/dipotong oleh pihak Yayasan ACT sebesar 10%-20% (Rp6.000.000.000-Rp12.000.000.000)," kata Ramadhan dalam keterangannya, Sabtu (9/7).

Ia menyebut, dana atau donasi itu didapat oleh pihak ACT dari masyarakat umum dan Kemitraan Perusahaan Nasional dan Internasional.

"Donasi Masyarakat Umum, Donasi Kemitraan Perusahaan Nasional dan Internasional, Donasi Institusi/Kelembagaan Non Korporasi dalam Negeri maupun Internasional, Donasi dari Komunitas dan Donasi dari anggota lembaga," sebutnya.

Lalu, terkait dengan pemotongan uang tersebut dilakukan untuk membayar gaji para pengurus ACT dan seluruh karyawan.

"Untuk keperluan pembayaran gaji pengurus, dan seluruh karyawan sedangkan pembina dan pengawas juga mendapatkan dana operasional yang bersumber dari potongan donasi tersebut," jelasnya.

Diketahui, penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri telah memintai keterangan terhadap mantan petinggi ACT, Ahyudin serta petinggi ACT saat ini yakni Ibnu Khajar. Keduanya diperiksa pada Jumat (8/7) kemarin. [eko]

Baca juga:
ACT Diduga Salahgunakan Dana Ahli Waris Korban Lion Air JT-610
Buntut Kasus ACT, Muhammadiyah Dorong Pemerintah Bentuk Pengawas Lembaga Filantropi
Politisi PKS Nilai Kemensos Tergesa-gesa Cabut Izin ACT
Diperiksa Selama 11 Jam, Ahyudin Dicecar Seputar Legal Yayasan ACT
Heboh Lembaga Donasi ACT hingga Izinnya Dicabut Kemensos
Curhat Relawan ACT usai Kegiatan Donasi Disetop Kemensos: Sedih, Enggak Nyangka Lah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini