Polresta Jayapura Musnahkan 8 Kg Ganja dengan Cara Dibakar di Depan Tersangka

Sabtu, 9 Januari 2021 13:03 Reporter : Nur Habibie
Polresta Jayapura Musnahkan 8 Kg Ganja dengan Cara Dibakar di Depan Tersangka Pemusnahan barang bukti ganja di Mapolres Jayapura. ©istimewa

Merdeka.com - Satuan Reserse Narkoba Polresta Jayapura Kota melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis ganja. Barang haram yang dimusnahkan tersebut sebanyak 8 kilogram lebih atau 8.377,9 gram.

Kasat Narkoba Polresta Jayapura Kota Iptu Julkifli Sinaga mengatakan, pemusnahan yang dilakukannya itu atas tiga perkara dengan disaksikan oleh para tersangka yakni FAT (41), JAHA (23) dan DW (31) dan dikuatkan dengan penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti.

"Dari 8 kilogram lebih yang dimusnahkan tersebut rinciannya ialah 794,4 gram miliki tersangka FAT, 278 gram milik JAHA dan 7.350,5 gram atau 7 kilogram lebih milik tersangka DW," kata Julkifli dalam keterangannya, Sabtu (9/1).

Ia menjelaskan, pemusnahan barang bukti ini karena perkaranya sudah dimajukan ke Kejaksaan dan tinggal menunggu penyerahan tersangka untuk proses selanjutnya ke Sidang Pengadilan.

pemusnahan barang bukti ganja di mapolres jayapura
©istimewa

Selain disaksikan oleh para tersangka, pemusnahan barang bukti tersebut juga disaksikan oleh Jaksa yang menangani perkara tersebut yakni Frans Magnis dan Irmayani Tahir dengan disaksikan Staf Seksi Pengawasan dan Seksi Propam Polresta Jayapura Kota.

"Atas perkaranya tersangka FAT dan JAHA dikenakan Pasal 111 Ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 12 tahun, sementara untuk DW dikenakan Pasal 111 Ayat (2) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara," tutupnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini