Pollycarpus bebas murni, JK bilang 'Kalau sesuai aturan silakan'

Rabu, 29 Agustus 2018 12:30 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pollycarpus bebas murni, JK bilang 'Kalau sesuai aturan silakan' Pollycarpus Priyanto. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi pembebas murni Pollycarpus Budihari Prijanto, terpidana kasus pembunuhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib hari ini, Rabu (29/8). Wapres tidak ambil pusing jika memang sudah sesuai aturan hukum.

"Kalau sesuai aturan ya silakan," kata JK usai membuka acara Pameran dan Rangkaian The 7th IndoEBTKE ConEx tahun 2018 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (29/8).

Diketahui Pollycarpus Budihari Prijanto, terpidana kasus pembunuhan aktivisi Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib bebas murni hari ini, Rabu (29/8). Eks pilot maskapai Garuda ini telah menjalani wajib lapor saat bebas bersyarat sejak 2014 silam.

Status hukum bebas murni Pollycarpus ini disampikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Krismono.

"Pollycarpus itu sudah menjalani pembebasan bersyarat sejak 2014. Dan sekarang, sudah selesai pembebasan bersyaratnya itu," ujar Krismono.

"Sehingga dengan bebas murni dan itu kewenangan ada di Balai Pemasyarakatan (Bapas)," lanjut Krismono.

Saat berstatus bebas bersyarat 28 November 2014, kata Krismono, Pollycarpus rutin melapor.
Bebas bersyarat Pollycarpus tertuang dalam Surat Keputusan Pembebasan Bersyarat (SKPB) yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM tanggal 13 November 2014.

"Dulu melapor, tapi begitu bebas murni nanti tidak lagi," jelasnya.

Dia menambahkan, Pollycarpus tetap melapor ke Bapas Rabu besok untuk status bebas murninya. "Harus melapor. Tergantung dari Bapas tapi kewajibannya melapor kepada Bapas bahwa masa pembimbingannya sudah berakhir," ujar Krismono. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini