Politisi PDIP: Bendera RI terbalik di SEA Games harus diusut, apa motifnya?

Senin, 21 Agustus 2017 11:37 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Politisi PDIP: Bendera RI terbalik di SEA Games harus diusut, apa motifnya? bendera indonesia terbalik di buku panduan sea games malaysia 2017. ©2017 twitter.com/imam_nahrawi

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Masinton Pasaribu mendesak pemerintah melakukan investigasi atas insiden terbaliknya bendera Indonesia dalam acara SEA Games 2017. Dia meminta pemerintah menindak tegas pihak penyelenggara SEA Games.

"Namun itu harus diinvestigasi oleh aparat penegak hukum Malaysia, ada motif apa, kemudian baiknya memang harus ditindak," kata Masinton di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/8)

Menurutnya, terbaliknya bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games XXIX merupakan bentuk pelecehan terhadap kedaulatan negara.

"Karena bendera bukan hanya sebagai simbol, bukan hanya sebagai warna, tapi dia adalah lambang dari kedaulatan NKRI," tegasnya.

Meski pemerintah Malaysia secara resmi telah meminta maaf, Masinton menyebut hal itu belum cukup. Pasalnya, unsur kesengajaan dalam masalah ini cenderung sangat terlihat.

"Minta maaf saja kita terima, tapi itu tidak cukup, agar menjadi pelajaran juga di Malaysia sana. Negaranya juga harus menegakkan hukum. Karena itu dugaan disengajanya tinggi," pungkasnya.

Insiden bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini pertama kali ditemukan dalam buku panduan SEA Games XXIX yang dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu malam.

Pada halaman ke-80 dalam buku itu, diketahui bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah. Bendera Indonesia yang terbalik itu ada di bagian daftar negara peserta yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Di bagian itu tertulis Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games antara lain pada tahun 1979, 1987, 1997 dan 2011. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini